Kuala Lumpur (ANTARA) - Sejumlah pedagang di Kuala Lumpur mengaku merasa senang dengan kebijakan pemerintah Malaysia yang telah memperbolehkan mereka berniaga kembali.

"Sore ini saya mengunjungi sebuah kawasan bisnis di Setapak Jaya, salah satu kawasan atau kawasan 'bisnis gratis' di Kuala Lumpur yang menjual berbagai macam makanan, minuman, snack dan buah-buahan lokal," ujar Ketua Majelis Pemulihan Negara (MPN) Muhyiddin Yasin di Kuala Lumpur, Senin.

Mantan perdana menteri itu mengatakan dirinya sangat senang ketika rata-rata pedagang yang ditemui menyatakan bahwa hidup mereka kembali bersinar melalui izin untuk menjalankan bisnis yang diberikan oleh pemerintah.

Selain itu, hampir semua pedagang mengatakan telah divaksin setidaknya satu dosis.

Keceriaan di wajah para pedagang kecil ini, kata Muhyiddin, menunjukkan bahwa tanda-tanda pemulihan ekonomi negara semakin jelas.

"Saya sangat menghargai upaya DBKL (Pemerintah Kota Kuala Lumpur) untuk memberikan izin kepada penduduk kota untuk membuka warung atau usaha kecil di wilayah mana pun yang sesuai dalam jangka waktu yang ditentukan di sekitar kota tanpa dipungut biaya apa pun," katanya.

Baca juga: Koalisi 116 LSM Malaysia sesalkan Muhyiddin pimpin MPN

Selaku Ketua PMN, dirinya mengatakan akan memastikan sektor ini dan para pedagang kecil tetap terbantu dalam setiap rencana pemerintah untuk membawa negara keluar dari krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Muhyiddin mengatakan para pengusaha dan pedagang kecil perlu diberikan ruang yang cukup luas untuk menjalankan usahanya, sejalan dengan keinginan pemerintah untuk memastikan mereka tetap mendapatkan penghasilan.

"Saya juga bangga melihat SOP dipraktikkan oleh para pedagang dan juga pembeli, yang semuanya memakai masker wajah dan mempertahankan penjara fisik (jaga jarak) dalam bertransaksi," katanya.

Langkah untuk terus membantu para pedagang kecil ini akan dikemukakan pada pertemuan pertama MPN yang akan diadakan dalam waktu dekat ini.

"Insya Allah, saya akan mengambil langkah-langkah yang tepat dalam perencanaan kami untuk memastikan lebih banyak sektor ekonomi, sosial, kesehatan, pendidikan, budaya, dan lainnya pulih seperti sebelum pandemi COVID-19 melanda negara ini," katanya.

Baca juga: Muhyiddin Yassin jadi Ketua Majelis Pemulihan Negara Malaysia
Baca juga: Ismail Sabri tawari oposisi di Majelis Pemulihan Negara

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021