Satgas TNI patroli patok batas wilayah Skouw di perbatasan RI-PNG

Satgas TNI patroli patok batas wilayah Skouw di perbatasan RI-PNG

Personel Satgas Pamtas Yonif 131/Brs melakukan patroli patok batas wilayah di Skouw wilayah perbatasan dengan RI-PNG.(ANTARA Papua/HO-Pendam XVII/Cenderawasih)

Keerom (ANTARA) - Prajurit TNI Satuan Tugas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Pos Skouw melakukan patroli patok batas wilayah untuk meninjau dan mengecek kondisi patok MM-1 di perbatasan RI dengan negara tetangga Papua Nugini (PNG) dalam keadaan aman.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani dalam keterangan diterima ANTARA, Selasa, mengatakan
kegiatan patroli patok batas wilayah tersebut digelar untuk memastikan situasi keamanan di wilayah perbatasan Indonesia dengan PNG.

Baca juga: Satgas TNI bagi sembako untuk warga Papua di perbatasan

"Kita memastikan patok batas RI-PNG MM-1 aman dan letaknya sesuai dengan titik koordinat yang telah disepakati antara kedua pihak negara," ungkap Dansatgas Letkol Muhamad Erfani

Sementara itu, Perwira Topografi Letda Ctp Yudi Bakti yang ikut patroli mengungkapkan kegiatan patroli merupakan salah satu tugas pokok bagi satuan tugas pengamanan perbatasan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Satgas TNI berikan layanan kesehatan warga Papua di perbatasan

Satgas Pamtas Yonif 131/Brs mempunyai tanggung jawab mengamankan patok perbatasan di enam lokasi berbeda, mulai dari patok MM-1 sampai patok MM-3A.

“Patroli patok ini, kita laksanakan secara rutin agar tidak terjadi pergeseran maupun perusakan terhadap patok batas wilayah Negara," ungkap Letda Ctp Yudi Yudi Bakti.

Wilayah Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura merupakan daerah perbatasan dengan wilayah negara tetangga Republik Indonesia dengan negara tetangga PNG.

Baca juga: Cegah COVID-19, Satgas TNI bagikan masker untuk warga perbatasan

Pewarta: Muhsidin
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar