Jaksa China batalkan kasus pelecehan seksual di internal Alibaba

Jaksa China batalkan kasus pelecehan seksual di internal Alibaba

Logo Alibaba Group. (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Jaksa China telah membatalkan kasus terhadap mantan karyawan Alibaba Group Holding Ltd yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap rekan wanita.

Mengutip Reuters, Selasa, Jaksa mengatakan mereka telah memutuskan bahwa karyawan tersebut telah melakukan tindakan tidak senonoh secara paksa namun bukan kejahatan.

Karyawan yang diidentifikasi dengan nama keluarga Wang itu ditahan oleh polisi bulan lalu setelah seorang wanita yang juga bekerja di Alibaba membuat unggahan di jaringan intranet perusahaan.

‚ÄčBaca juga: BMW dan Alibaba akselerasi startup China

Unggahan tersebut mengatakan seorang manajer dan klien melakukan pelecehan seksual terhadapnya selama perjalanan bisnis ke kota Jinan, China timur.

Dia juga mengatakan, laporannya itu tidak dianggap serius oleh atasan.

Hal itu memicu reaksi keras publik terhadap raksasa e-commerce, yang kemudian memecat Wang sementara eksekutif lainnya dihentikan untuk sementara dari jabatannya.

Dalam menanggapi putusan jaksa, Alibaba mengatakan bahwa mereka memiliki kebijakan untuk tidak memberikan toleransi terhadap pelanggaran seksual.

Alibaba memecat 10 karyawannya karena membagikan tangkapan layar akun karyawan wanita itu tentang tuduhan penyerangan seksual.

Baca juga: Alibaba diguncang skandal pemerkosaan karyawati

Baca juga: Alibaba pecat manajer yang dituduh lakukan pelecehan seksual

Baca juga: Cloudera dan Alibaba Cloud percepat inisiatif cloud berbasis data

Penerjemah: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Di China, Jack Ma tidak terdaftar pengusaha terkemuka

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar