Wapres tinjau vaksinasi COVID-19 di RSKGM FKG UI

Wapres tinjau vaksinasi COVID-19 di RSKGM FKG UI

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia di Jakarta Pusat, Selasa (7/9/2021). (Asdep KIP Setwapres)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (RSKGM FKG UI) di Jakarta Pusat, Selasa.

Dalam kunjungannya tersebut, Wapres menyampaikan pentingnya vaksinasi sebagai kunci keberhasilan penanganan pandemi COVID-19 dengan membentuk kekebalan komunal atau herd immunity di Indonesia.

"Kunci terwujudnya keberhasilan penanganan COVID-19 sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah program vaksinasi yang berperan vital dan sangat penting," kata Wapres di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Wapres ingatkan tokoh agama jaga keharmonisan antarumat beragama

Wapres mengimbau masyarakat yang telah mendapatkan vaksin COVID-19 untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Apabila seseorang yang telah divaksin kemudian terkonfirmasi positif COVID-19, katanya, maka tingkat keparahan penyakit akibat virus tersebut dapat berkurang, katanya.

"Tentunya pelaksanaan vaksinasi harus ditunjang dengan kemampuan pemerintah dan pemerintah daerah untuk meningkatkan upaya 3T (testing, tracing, treatment), dan masyarakat disiplin menegakkan protokol kesehatan 3M," jelasnya.

Baca juga: Wapres dorong tokoh agama berperan dalam persiapan menuju endemi

Vaksinasi di RSKGM FKG UI bertujuan untuk mendorong percepatan pemberian vaksin COVID-19 kepada masyarakat guna membentuk herd immunity.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), dengan jumlah penduduk DKI Jakarta sebanyak 11.2 juta jiwa, maka kekebalan kelompok dapat terbentuk apabila sebanyak 8.3 juta jiwa penduduknya divaksin COVID-19.

Sentra vaksinasi di Kampus UI Salemba berlangsung pada 6-17 September 2021 dengan target peserta sebanyak 5.000 orang yang merupakan warga sekitar dan masyarakat umum. Pelaksanaan vaksinasi di Kampus UI Salemba tersebut mendapat dukungan penuh dari Salim Group dan sejumlah mitra sponsor.

Baca juga: Wapres dorong Unisma perkuat riset dan inovasi berbasis teknologi

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wapres tegaskan pemerintah akan tingkatkan kesejahteraan guru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar