Kemitraan Strategis Memberi Perusahaan Portofolio SoftBank Akses ke Sekitar 240 Juta Nasabah Di Seluruh Eropa dan AS serta Deutsche Telekom (“DT”) dengan Peningkatan ARPU, Pengurangan Churn, dan Partisipasi Usaha Patungan

SoftBank Menerima 225 Juta Lembar Saham DT Baru Sebagai Pengganti Sekitar 45 juta Lembar Saham T-Mobile US (“TMUS”) yang Diterima oleh DT; DT Berniat Untuk Memperoleh Lagi Sekitar 20 Juta Lembar Saham TMUS dari SoftBank dengan Menginvestasikan Kembali Hasil dari Penjualan T-Mobile Netherlands yang Diumumkan

SoftBank Mendiversifikasi Paparan Telekomunikasi Di Jepang, Eropa, dan AS, dengan 41% Kepemilikan SoftBank Corp., 4,5% DT dan 3,3%1 TMUS

SoftBank Bertukar Saham TMUS yang Mendasari Opsi Harga Tetap Utama Tanpa Kenaikan, untuk Saham DT dengan Kenaikan Materi Menjadi Pemegang Saham Swasta Terbesar Kedua dengan 4,5% Lembar Saham dan Perwakilan Dewan Direksi yang Dimaksudkan

SoftBank Mempertahankan Paparan Kenaikan yang Berarti untuk TMUS dan Mengharapkan TMUS Terus Menciptakan Nilai Ekuitas yang Signifikan Melalui Kepemimpinan 5G dan Sinergi Merger

Tokyo--(Antara/Business Wire)- SoftBank Group Corp. (“SoftBank”) hari ini mengumumkan telah menandatangani kemitraan strategis dan perjanjian pertukaran saham ekuitas dengan Deutsche Telekom AG (“DT”). Menurut kemitraan strategis antara kedua perusahaan tersebut, lebih dari 300 perusahaan portofolio SoftBank mendapatkan akses ke sekitar 240 juta pelanggan DT lagi di seluruh Eropa dan AS, sehingga memberi perusahaan portofolio ini kemampuan untuk berkembang dengan cepat dan dengan biaya rendah. DT akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan ARPU, pengurangan churn dan partisipasi usaha patungan.

Berdasarkan perjanjian pertukaran saham ekuitas ini, DT akan melaksanakan sebagian dari opsi belinya yang diberikan oleh SoftBank sehubungan dengan kesepakatan mereka pada Juni 2020. DT akan memperoleh sekitar 45 juta lembar saham T-Mobile US (“TMUS”) dari SoftBank sebagai imbalan atas penerbitan 225 juta lembar saham DT baru ke SoftBank dari modal dasarnya. Pada langkah berikutnya, DT merencanakan pelaksanaan opsi beli untuk memperoleh sekitar 20 juta lembar saham TMUS lagi dari SoftBank dengan menginvestasikan kembali 2,4 miliar dolar AS dari hasil pelepasan yang diharapkan dari penjualan T-Mobile Netherlands yang diumumkan. Sebagai hasil dari transaksi ini – pertukaran saham ekuitas dan investasi kembali hasil – SoftBank akan menjadi pemegang saham 4,5% di DT dan mempertahankan 3,3%1 saham ekuitas di TMUS, yang dapat meningkat menjadi 6,9% melalui Saham True-Up, jika harga saham TMUS mencapai prestasi tertentu.

Transaksi ini mendiversifikasi paparan telekomunikasi SoftBank di Jepang, Eropa dan AS, dengan 41% kepemilikan SoftBank Corp., 4,5% DT dan 3,3%1 TMUS. SoftBank akan memiliki akses ke total hampir 300 juta nasabah di seluruh dunia, termasuk sekitar 55 juta dari SoftBank Corp., sekitar 95 juta dari DT dan sekitar 140 juta dari TMUS.

Transaksi ini menarik secara finansial. SoftBank menukarkan saham TMUS yang mendasari opsi harga tetap utama tanpa kenaikan, untuk saham di DT, yang menurut SoftBank memiliki kenaikan jangka panjang yang signifikan di luar harga referensi yang disepakati sebesar 20 euro. SoftBank akan menjadi pemegang saham swasta terbesar kedua dengan perwakilan dewan direksi yang dimaksudkan. Selain itu, SoftBank mempertahankan paparan yang berarti terhadap TMUS melalui saham yang mendasari opsi mengambang utama dan, sangat mungkin, Saham True-up2. SoftBank mengharapkan penciptaan nilai ekuitas berkelanjutan yang signifikan di TMUS karena mempertahankan kepemimpinan 5G dan membuka sinergi merger.

SoftBank akan dapat menggunakan saham DT dan TMUS sebagai jaminan untuk tujuan pembiayaan dan lindung nilai. Setiap transaksi tersebut akan konsisten dengan kemitraan strategis jangka panjang, dengan SoftBank mempertahankan eksposur yang signifikan terhadap harga saham DT dan TMUS.

“Ini adalah transaksi penting yang benar-benar menguntungkan bagi perusahaan portofolio kami, SoftBank dan Deutsche Telekom,” kata Marcelo Claure, Corporate Officer, Executive Vice President & Chief Operating Officer SoftBank Group Corp. dan Chief Executive Officer SoftBank Group International. “Kemitraan strategis jangka panjang tersebut akan menciptakan peluang luar biasa bagi perusahaan portofolio kami untuk mempercepat pertumbuhan mereka dengan akses ke sekitar 300 juta nasabah di Jepang, Eropa, dan AS secara total. Transaksi ini mendiversifikasi paparan telekomunikasi kami dan menjadikan SoftBank pemegang saham swasta terbesar kedua di DT, sambil mempertahankan paparan yang berarti terhadap TMUS dengan pertumbuhan tinggi. Ini juga menandai langkah yang menentukan bagi DT ke arah tujuan mereka untuk mengakuisisi saham mayoritas di TMUS, dan penambahan investor teknologi terbesar di dunia di SoftBank memvalidasi visi Telco 2030 mereka serta menunjukkan “Keunggulan Magenta.” Saya berharap dapat bermitra dengan Tim dan tim di masa depan.”

“Kami sangat senang menyambut SoftBank sebagai investor utama dan mitra strategis baru untuk Deutsche Telekom dan tak sabar untuk segera memanfaatkan peluang penciptaan nilai dari kerjasama ini untuk SoftBank dan Deutsche Telekom,” ujar Timotheus Höttges, Chief Executive Officer, Deutsche Telekom AG.

Sehubungan dengan perjanjian ini, manajemen DT akan mendukung proposal SoftBank untuk memilih Bapak Claure ke jajaran Dewan Pengawas DT pada rapat umum tahunan berikutnya. Transaksi tersebut telah disetujui oleh Dewan Direksi SoftBank dan Dewan Pengawas DT serta diharapkan akan ditutup dan berlaku dengan dimasukkan dalam daftar komersial DT.

Sullivan & Cromwell bertindak sebagai penasihat hukum SoftBank dalam transaksi ini.

Tentang SoftBank Group

SoftBank Group berinvestasi dalam teknologi terobosan untuk meningkatkan kualitas hidup orang-orang di seluruh dunia. SoftBank Group terdiri dari SoftBank Group Corp. (TOKYO: 9984), perusahaan induk investasi yang mencakup saham di telekomunikasi, layanan internet, AI, robotika pintar, IoT, dan penyedia teknologi energi bersih; SoftBank Vision Funds, yang menginvestasikan lebih dari 100 miliar dolar AS untuk membantu wirausahawan luar biasa mengubah industri dan membentuk industri baru; SoftBank Amerika Latin Fund senilai 5 miliar dolar AS, dana ventura terbesar di kawasan itu, dan SB Opportunity Fund, dana 100 juta dolar AS yang didedikasikan untuk berinvestasi di perusahaan yang didirikan oleh pengusaha kulit berwarna di AS. Untuk mempelajari lebih lanjut, silakan kunjungi https://global.softbank.

1 Termasuk dampak yang diantisipasi dari pelaksanaan yang dimaksudkan dari ~20 juta opsi TMUS oleh DT menggunakan hasil penjualan T-Mobile Netherlands senilai 2,4 miliar dolar AS. Sebelum pelaksanaan opsi yang dimaksudkan tersebut, kepemilikan SoftBank adalah 4,9%

2 Saham True-up tersedia jika harga saham TMUS mencapai prestasi tertentu

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20210906005324/en/

Kontak
Jepang:
+81 3 6889 2300

Amerika Serikat:

SoftBank Group
Mark Kornblau

Sard Verbinnen & Co
Benjamin Spicehandler / Hannah Dunning

Sumber: SoftBank Group Corp.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021