Jakarta (ANTARA) - Pierre Gasly dan rookie Yuki Tsunoda akan meneruskan karier membalapnya bersama tim AlphaTauri untuk musim depan, demikian tim yang dimiliki Red Bull itu pada Selasa.

Gasly mempersembahkan kemenangan bagi tim di Grand Prix Italia, Monza satu tahun lalu dan finis P4 pekan lalu di Belanda. Dia juga menjadi runner-up di Brazil 2019 dan P3 di Azerbaijan Juni lalu.

Sedangkan Tsunoda, yang memiliki dukungan dari Honda, mencetak poin di balapan debutnya di Bahrain pada Maret.

Tim AlphaTauri, yang bermarkas di Feanza, Italia, menjadi satu-satunya dari 10 tim di grid yang mencetak poin di setiap balapan musim ini, dan mengatakan bahwa konsistensi dan stabilitas itu penting menuju musim dengan perombakan regulasi besar-besaran musim depan.

"Tahun ini kami telah melihat hubungan positif antara keduanya, kompetitif di trek dan membina persahabatan di luar trek, telah terbukti efektif untuk tim ini," demikian pernyataan resmi bos tim Franz Tost seperti dikutip Reuters.

Baca juga: Yuki Tsunoda berbenah agar lebih konsisten di paruh kedua musim F1

Pengumuman itu berarti keinginan Red Bull memboyong kembali Alexander Albon ke Formula 1 akan sangat bergantung dengan kesempatan yang ditawarkan selain oleh kedua tim yang dimiliki brand minuman berenergi itu.

Pembicaraan sedang berlangsung dengan tim Williams, yang baru saja kehilangan George Russell ke Mercedes, dan Alfa Romeo, yang sedang mencari pasangan untuk Valtteri Bottas musim depan.

Gasly sudah bisa dipastikan bertahan dengan AlphaTauri setelah sang pebalap Prancis mencetak 66 poin dari 84 yang dimiliki tim dari 13 balapan musim ini.

"Saya sangat senang maju ke depan bersama Scuderia AlphaTauri untuk satu musim lagi di Formula 1, khususnya setelah melihat progres yang kami buat sebagai tim sejak saya bergabung pada 2017," kata Gasly.

Baca juga: Gasly siap pimpin tim AlphaTauri dan bimbing Tsunoda

"Melihat performa yang kami tunjukkan sejauh musim ini, saya rasa hal-hal luar biasa bisa diraih di akhir musim ini dan untuk tahun depan... saya sangat yakin kami bisa bekerja dengan baik untuk hasil yang lebih baik pada 2022."

Tsunoda, sementara itu, pekan lalu sempat bimbang dengan masa depannya di AlphaTauri. Sang pebalap 21 tahun asal Jepang itu baru finis dengan poin dalam lima balapan dan saat ini menghuni peringkat ke-13 klasemen pebalap.

"Saya sangat berterima kasih kepada tim untuk mengizinkan saya terus menumbuhkan pengalaman saya di Formula 1 bersama mereka," kata Tsunoda.

Dua tim milik Red Bull itu akan terus menggunakan mesin yang dirakit oleh Honda, yang memutuskan hengkang dari F1 pada akhir musim, di Jepang tahun depan sebelum Red Bull memproduksi mesin mereka sendiri.

Baca juga: Red Bull ingin bawa Alex Albon kembali ke F1
Baca juga: Mercedes resmi tandemkan George Russell dan Lewis Hamilton musim 2022
Baca juga: Verstappen kembali ke puncak berkat kemenangan di Zandvoort

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021