Kematian akibat COVID-19 di Indonesia konsisten di bawah 1.000 kasus

Kematian akibat COVID-19 di Indonesia konsisten di bawah 1.000 kasus

Tangkapan layar Ketua Tim Pakar Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito saat melaporkan perkembangan COVID-19 di Indonesia yang diikuti melalui kanal YouTube BNPB dari Jakarta, Selasa (7/9/2021). ANTARA/Andi Firdaus.

lonjakan pasien COVID-19 di rumah sakit telah berhasil kita lewati
Jakarta (ANTARA) - Ketua Tim Pakar Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan angka kasus kematian akibat COVID-19 di Indonesia konsisten berada di bawah 1.000 orang per hari dalam sepekan terakhir.

"Untuk pertama kalinya setelah lonjakan kasus pada bulan Juni lalu, selama satu pekan kemarin, kasus kematian harian di Indonesia berada di bawah 1.000 kematian per hari. Rata-rata kematian harian pekan kemarin sebesar 563 kematian," kata Wiku Adisasmito saat melaporkan perkembangan COVID-19 di Indonesia yang diikuti melalui kanal YouTube BNPB dari Jakarta, Selasa sore.

Situasi tersebut, kata Wiku, merupakan perkembangan yang menunjukkan adanya perbaikan situasi. "Meskipun tetap saja satu kematian saja terbilang nyawa dan tidak bisa dibiarkan. Tujuan utama kita adalah untuk menihilkan kematian menjadi tidak ada sama sekali," katanya.

Baca juga: 67 juta warga telah menerima vaksin COVID-19
Baca juga: Satgas: Aplikasi PeduliLindungi efektif permudah aktivitas masyarakat


Sementara itu perkembangan COVID-19 di Indonesia berdasarkan indikator kasus positif dan kasus aktif, kata Wiku, terus mengalami penurunan.

"Penurunan kasus positif mingguan di tingkat nasional pada hampir seluruh provinsi di Indonesia berkontribusi pada penurunan angka keterisian tempat tidur isolasi di 34 provinsi," katanya.

Pada Ahad (5/9), kata Wiku, tidak ada provinsi di Indonesia yang memiliki keterisian tempat tidur isolasi (BOR) di atas 60 persen, bahkan angka BOR tertinggi hanya sebesar 45,47 persen yaitu Provinsi Aceh.

"Ini artinya keadaan darurat yaitu lonjakan pasien COVID-19 di rumah sakit telah berhasil kita lewati di semua provinsi di Indonesia," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi sampaikan sejumlah arahan terkait evaluasi PPKM
Baca juga: Stok aman, Airlangga: RI telah terima 225,4 juta vaksin beragam merek
Baca juga: Wamenkes: Kekebalan kelompok tercapai bila mayoritas warga divaksinasi

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemenkes: Kematian akibat COVID-19 turun 48%

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar