PON Papua

Persiapan KONI Kalteng menuju PON Papua sudah 75 persen

Persiapan KONI Kalteng menuju PON Papua sudah 75 persen

Sekum KONI Kalteng Elbadi Fardian di Palangka Raya, Selasa (7/9/2021). ANTARA/Adi Wibowo.

Palangka Raya (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan persiapan seluruh atlet, ofisial serta para pengurus menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua sudah 75 persen.

Sekretaris Umum KONI Kalteng Elbadi Fardian di Palangka Raya, Selasa, mengatakan persiapan sudah cukup matang hanya saja sisa 25 persennya yakni teknis keberangkatan ke ajang PON Papua tersebut.

"Tinggal pembagian orangnya saja di mana atlet bertanding maka disusun sesuai dengan klasternya masing-masing," kata Elbadi.

Mengenai kondisi atlet, lanjut dia, saat ini semuanya dalam kondisi sehat dan tidak ada satu pun yang terpapar virus COVID-19. Bahkan cabang olahraga bisbol  semua atletnya yang dilakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) semuanya hasilnya negatif.

Pemeriksaan kesehatan terhadap atlet tim bisbol dilakukan beberapa waktu lalu, karena jadwal pertandingan yang akan mereka ikuti akan digelar lebih awal.

"Mereka dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Untuk hasilnya alhamdulillah semuanya negatif dan siap untuk berangkat ke PON Papua sesuai dengan klasternya," ucapnya.

Baca juga: Kontingen Kalteng dari 18 cabor siap berangkat menuju PON Papua

Elbadi mengharapkan atlet yang dipersiapkan seperti dayung, panjat tebing dan lain sebagainya jangan sampai atletnya ada yang tidak sehat atau terpapar virus tersebut.

Seandainya ada yang terpapar virus tersebut, pengurus KONI setempat harus merecovery atlet tersebut. Sebab 14 hari sebelum berangkat mereka wajib mengikuti tes PCR, sehingga ketika hendak berangkat semuanya sudah diketahui kondisinya.

"Kalau ada yang terpapar untuk atlet perorangan bisa ditinggal, namun kita harapkan hal itu tidak ada. Yang bahaya itu adalah atlet yang beregu seperti dayung, satu saja tim misalnya ada 12 orang tidak ikut, maka semuanya akan tidak ikut," ungkapnya.

Ditambahkan Elbadi, sesuai dengan arahan dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran disamping prestasi di PON tahun ini juga adalah kegiatan pemersatu bangsa.

"PON tahun ini lebih mengarahkan menjadi ajang silaturahmi, tukar cenderamata, mencari pengalaman bagi atlet dan KONI setempat. Untuk meraih prestasi itu semua ada di semangat atlet, untuk mengharumkan nama bangsa," kata dia.

Baca juga: Ketua KONI Palangka Raya berikan bantuan kepada tim Kalteng Putri
Baca juga: Ketua KONI Lampung ingatkan kontingennya jaga prokes ketat
Baca juga: Klaster Kota Jayapura siap menjamu atlet PON XX

Pewarta: Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sukses, Ketua Harian PB PON XX berterima kasih kepada Presiden

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar