Jakarta (ANTARA) - Berikut ini adalah fakta terkini terkini terkait pandemi COVID-19 dari berbagai wilayah dunia.

Asia-Pasifik

* Singapura mencatat angka kasus harian tertinggi dalam satu tahun lebih.

* Kabinet Thailand menyetujui tambahan 17 miliar baht (Rp227,7 triliun) bantuan finansial bagi masyarakat yang terdampak pembatasan COVID-19.

* Tingkat kasus positif virus corona Indonesia pekan ini turun ke bawah standar acuan WHO 5 persen untuk pertama kali.

* Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengatakan sejumlah warga dari China dan Makau mulai 15 September diperbolehkan masuk ke kota itu tanpa harus menjalani karantina.

Baca juga: Australia, Singapura sepakat bertukar vaksin COVID-19

Eropa

* Komisi Eropa mengumumkan peraturan tentang program obligasi hijau dan berencana menerbitkan obligasi pertama untuk mendukung dana pemulihan COVID-19 pada Oktober.

* Setelah menghabiskan banyak anggaran untuk pandemi, PM Inggris Boris Johnson berusaha mengatasi sistem perawatan sosial Inggris yang rapuh dengan menaikkan pajak untuk membiayai ongkos perawatan kaum lansia dan penyandang disabilitas.

Amerika

* Presiden Peru Pedro Castillo mengatakan pemerintahannya telah bersepakat dengan Rusia untuk membangun pabrik yang memproduksi vaksin Sputnik V.

* Badan regulasi kesehatan Chile menyetujui vaksin buatan Sinovac Biotech China untuk digunakan pada anak-anak di atas enam tahun.

Timur Tengah dan Afrika

* Konflik, kekeringan, dan pandemi telah membuat 18 juta warga Afghanistan membutuhkan bantuan kemanusiaan, kata Federasi Palang Merah Internasional dan Masyarakat Sabit Merah.

* Pegawai pemerintah Zimbabwe yang tidak mau menjalani vaksinasi COVID-19 harus mengundurkan diri, kata menteri kehakiman.

* Gubernur Rivers, Nigeria, mengatakan akan menerapkan lagi aturan lockdown jika penduduk mengabaikan protokol pencegahan.


Baca juga: Jepang terbitkan sertifikat vaksinasi COVID digital per Desember


Perkembangan Medis

* Indonesia telah menyetujui vaksin buatan Johnson & Johnson dan CanSino China untuk penggunaan darurat, kata BPOM.

* Jepang telah memilih tiga kandidat metode perawatan COVID-19 yang akan menerima subsidi untuk pengujian klinis, kata kementerian kesehatan.

* Pengembang vaksin COVID-19 harus mengusahakan vaksin mereka yang sudah disetujui tersedia bagi pengujian untuk membantu mempercepat pengembangan lebih banyak vaksin, kata Koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi.

* Penelitian di China menunjukkan orang yang menerima dosis penguat vaksin CanSino setelah disuntik satu atau dua dosis Sinovac memiliki respons antibodi yang lebih kuat ketimbang menggunakan Sinovac sebagai booster.

Dampak Ekonomi

* Ekspor China di luar perkiraan tumbuh lebih cepat pada Agustus berkat permintaan yang solid di pasar global.

* Penabung Prancis mulai memindahkan uang tunai yang mereka simpan selama masa pembatasan ke investasi yang lebih berisiko ketika krisis akibat pandemi mulai mereda, kata bank sentral.

* Defisit anggaran 2021 Italia mencapai kurang dari 10 persen PDB, masih jauh di bawah target 11,8 persen yang ditetapkan pada April, kata seorang sumber.

Sumber: Reuters

Baca juga: EU keluarkan AS dari daftar negara aman untuk bepergian

Baca juga: Tahan varian Delta, Amerika Latin sangat butuh lebih banyak vaksin


 

RI terima 1,19 Juta dosis vaksin Pfizer kedua

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021