PON Papua

Kemkominfo harap pemberitaan PON juga angkat sisi lain Papua

Kemkominfo harap pemberitaan PON juga angkat sisi lain Papua

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong di sela Bimtek Pemberitaan PON Papua 2021 Perum LKBN ANTARA, di Jakarta, Selasa (7/9/2021). (ANTARATV)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong mengharapkan pemberitaan mengenai Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 tidak hanya mengangkat soal kompetisi olahraganya tetapi juga hal-hal lain terkait Papua sebagai tuan rumah.

"Ini menjadi penting bagi ANTARA (Kantor Berita ANTARA) untuk menyebarkan informasi tentang PON dan informasi-informasi lainnya terkait dengan Papua, supaya masyarakat paham bahwa Papua sekarang sedang mengalami berbagai kemajuan," kata Usman Kansong di sela Bimtek Pemberitaan PON Papua 2021 Perum LKBN ANTARA, di Jakarta, Selasa.

Menurut Usman, Papua sekarang telah mengalami berbagai kemajuan dalam banyak bidang yang patut disebarluaskan, baik itu pada bidang olahraga, infrastruktur, sumber daya manusia, kebudayaan, dan bidang pariwisata.

"Jadi, itu saya kita peran penting ANTARA," kata Usman Kansong menegaskan.

Baca juga: Penyediaan infrastruktur telekomunikasi tetap berlanjut usai PON Papua

Baca juga: Kominfo pastikan telekomunikasi PON Papua lancar


Dalam bimbingan teknis tersebut, Usman Kansong mengharapkan Kantor Berita ANTARA juga mengangkat sisi-sisi lain tentang Papua, selain pemberitaan mengenai olahraga dalam penyelenggaraan PON mendatang.

Kantor Berita ANTARA, kata Usman Kansong, diharapkan menjadi sumber pemberitaan PON Papua 2021 di tengah keterbatasan ruang gerak banyak media massa karena dampak pandemi COVID-19.

Kemkominfo, ungkap Usman, juga sudah menyiapkan microsite untuk menjadi sumber informasi bagi publik seputer PON dan Papua sebagai tuan rumahnya. Dan, ANTARA ia harapkan bisa juga berkontribusi dalam penyediaan berita-berita untuk mocrosite tersebut.

Menurutnya, Kemenkominfo akan menerjunkan banyak personelnya di lapangan untuk mendukung penyebaran informasi mengenai pesta olahraga dan Papua bertepatan dengan PON XX Papua 2021.

Sementara Direktur Utama LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat mengatakan bahwa terkait pemberitaan PON Papua, ANTARA telah menyiapkan redaksi nasional dengan berkolaborasi bersama RRI dan TVRI.

"Jadi mulai satu dua minggu ke depan, sudah bisa live microsite ini terkait dengan PON dan ini yang disebut oleh Pak Usman sebagai upaya membantu (penyebaran) informasi secara nasional," kata Meidyatama mengenai microsite PON yang juga sudah disiapkan oleh ANTARA.

Meidyatama juga menyampaikan bahwa ANTARA telah menyiapkan microsite yang bisa menjadi media center terkait PON 2021.

Baca juga: Disorda Papua sebut UPTD arena PON disetujui Kemendagri

Baca juga: PON XX momentum akselerasi pemulihan ekonomi Papua

Baca juga: Menko Airlangga: Vaksinasi di lokasi PON XX Papua jadi prioritas

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemkominfo dorong guru manfaatkan teknologi digital

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar