Formula 1

Fakta singkat George Russell, calon tandem Hamilton di Mercedes

Fakta singkat George Russell, calon tandem Hamilton di Mercedes

Pebalap tim Williams George Russell melakukan selebrasi setelah finis P2 di kualifikasi Grand Prix Belgia, Spa-Francorchamps. (28/8/2021) ANTARA/Pool via REUTERS/John Thys.

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Inggris George Russell pada Selasa resmi diumumkan bakal memperkuat Mercedes mulai musim depan untuk menjadi rekan satu tim kompatriotnya yang merupakan juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton.

Berikut sejumlah fakta tentang Russell seperti dilansir Reuters:

* Lahir di King's Lynn, Inggris, pada 15 Februari 1998, Russell membalap karting sejak usia tujuh tahun.

* Russell memenangi titel British Formula 4 2014 dan pada 2017 menjuarai GP3 Championship dengan tim Prancis ART. Dia kemudian naik ke Formula 2 pada 2018, juga memenangi titel kejuaraan itu di tahun debutnya lewat tujuh kemenangan balapan.

Rival terdekatnya di F2 tahun itu adalah Lando Norris, yang saat ini menjadi pebalap McLaren di F1, dan Alexander Albon, yang didukung oleh Red Bull.

Baca juga: Mercedes resmi tandemkan George Russell dan Lewis Hamilton musim 2022

* Russell mendapat peran sebagai pebalap cadangan Mercedes pada 2018. Dia membantu tim melakukan pengujian dan ambil bagian di sejumlah sesi latihan bebas Jumat dengan Force India (sekarang Aston Martin).

* Russell melakoni debut F1 bersama Williams pada 2019, menjadi tandem pebalap Polandia Robert Kubica. Ia menjadi satu-satunya pebalap yang tak mendapat poin musim itu.

* Williams kembali mendapati musim yang berat pada 2020 berbekal mobil yang tak kompetitif. Russell meraih poin pertamanya musim itu setelah ditugasi Mercedes menggantikan Lewis Hamilton yang positif COVID-19 di Grand Prix Sakhir pada Desember. Russell start dari baris terdepan namun harus puas finis P9 menyusul kesalahan kru ketika pitstop ditambah kebocoran ban di pengujung lomba.

* Dia mempersembahkan poin untuk Williams pertama kalinya setelah finis P8 di Hungaria kendati mengawali balapan dari P17. Di Belgia Russell mengamankan podium perdananya, juga untuk Williams sejak 2017, ketika finis runner-up di Spa setelah balapan berjalan beberapa putaran di belakang Safety Car sebelum dihentikan karena cuaca buruk.

* Russell ditunjuk sebagai direktur Asosiasi Pebalap Grand Prix pada 2021 menggantikan Romain Grosjean yang hengkang dari F1.

* Pada 7 September ia ditunjuk sebagai rekan satu tim Hamilton untuk 2022 menggantikan Valtteri Bottas

Baca juga: Bottas hengkang dari Mercedes, bergabung ke Alfa Romeo musim depan
Baca juga: AlphaTauri pertahankan Gasly dan Tsunoda untuk musim 2022

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar