Kualifikasi Piala Dunia 2022

Portugal rebut puncak Grup A seusai hantam Azerbaijan

Portugal rebut puncak Grup A seusai hantam Azerbaijan

Para pemain tim nasional Portugal merayakan gol ketiga mereka ke gawang Azerbaijan yang dicetak Diogo Jota (kedua kanan) dalam laga lanjutan Grup A kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Olimpiade Baku, Baku, Azerbaijan, Selasa (7/9/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Aziz Karimov)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Portugal merebut puncak klasemen sementara Grup A kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa seusai menghantam Azerbaijan 3-0 dalam lawatan ke Stadion Olimpiade Baku, Selasa waktu setempat.

Bernardo Silva, Andre Silva dan Diogo Jota mencetak gol-gol kemenangan, membuat Portugal kini mengumpulkan 13 poin dari lima pertandingan yang sudah dijalani.

Portugal sementara menggusur Serbia (10) dari puncak klasemen, sembari menunggu hasil pertandingan pesaingnya itu melawan Irlandia dalam laga lebih larut, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Cristiano Ronaldo bawa Portugal menang dramatis atas Irlandia

Bermain menekan tuan rumah sejak sepak mula, Portugal akhirnya mampu membuka keunggulan lewat Bernardo Silva pada menit ke-26.

Umpan silang kiriman Bruno Fernandes mampu disambut dan diselesaikan dengan sempurna oleh Bernardo Silva dengan tendangan voli akurat dari sudut sempit di area tiang jauh untuk memperdaya kiper Shakhrudin Magomedaliyev.

Keunggulan itu segera digandakan lima menit berselang saat Jota menyambut umpan silang apik lainnya dari Fernandes, yang ia kirim dengan sundulan ke tengah kotak penalti dan diselesaikan baik oleh Andre Silva yang tinggal menyarangkannya ke mulut gawang.

Baca juga: Cristiano Ronaldo pecahkan rekor gol internasional

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum dan Portugal tak mengendurkan serangan mereka saat melakoni babak kedua.

Dominasi Portugal berbuah lagi pada menit ke-75 ketika Joao Cancelo mengirimkan umpan silang akurat yang ditanduk Jota menaklukkan Magomedaliyev demi memperlebar keunggulan jadi 3-0 bagi tim tamu.

Tiga menit jelang bubaran normal, pertandingan sempat terhenti sejenak setelah sejumlah suporter menerobos ke dalam lapangan dan memaksa berfoto dengan Fernandes, tapi skor 3-0 bagi Portugal atas Azerbaijan tak berubah hingga peluit akhir.

Kedua tim baru bermain lagi pada jendela kualifikasi Piala Dunia 2022 bulan Oktober nanti. Azerbaijan bakal terlebih dulu menjamu Irlandia pada 9 Oktober dan tiga hari kemudian Portugal menanti kedatangan Luksemburg.

Baca juga: Roberto Mancini bela Ciro Immobile dari gelombang kritik
Baca juga: Seamus Coleman absen hadapi Serbia karena cedera

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar