Kebakaran Lapas Tangerang

Menkumham instruksikan jajaran fokus pemulihan korban kebakaran lapas

Menkumham instruksikan jajaran fokus pemulihan korban kebakaran lapas

Petugas mengecek dan meninjau langsung Lapas kelas I Tangerang, Banten, yang terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari. ANTARA/HO-Humas Kemenkumham

Jakarta (ANTARA) - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menginstruksikan jajarannya untuk fokus pada evakuasi dan pemulihan warga binaan yang menjadi korban kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas I Tangerang, Banten.

"Saya sudah menginstruksikan jajaran secepatnya melakukan evakuasi dan fokus memberikan penanganan terbaik untuk memulihkan korban luka," kata Menkumham Yasonna Laoly saat mengunjungi Lapas kelas I Tangerang, Banten, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu

Politisi PDIP tersebut juga menyampaikan duka mendalam atas peristiwa kebakaran yang menyebabkan 41 orang meninggal dunia dan belasan narapidana lainnya saat ini masih dalam perawatan intensif di RSUD Tangerang maupun klinik setempat.

"Ini musibah yang memprihatinkan bagi kita semua," ucap dia.

Baca juga: Warga Negara Afsel dan Portugal jadi korban kebakaran lapas

Baca juga: Kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang diduga akibat korsleting


Pada kesempatan itu, ia memastikan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) akan bekerja sama dengan pihak terkait untuk menyelidiki dan mengusut tuntas penyebab kebakaran Lapas Klas I Tangerang, Banten.

"Tentu saja kami akan bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk menyelidiki penyebab kebakaran," ujarnya.

Selain itu, tambah Yasonna, pihaknya juga akan memformulasikan strategi pencegahan agar musibah berat seperti kebakaran tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Sebagaimana diketahui, kebakaran di Lapas kelas I Tangerang, Banten, terjadi pada Rabu dini hari sekitar pukul 01.45 WIB. Dengan bantuan petugas dari berbagai instansi api dapat dipadamkan sekitar pukul 03.15 WIB.

Sebanyak 41 orang tewas dan 73 orang terluka, dan delapan di antaranya luka berat atas insiden kebakaran Lapas kelas I Tangerang, Banten. Kebakaran terjadi di salah satu blok di dalam lapas tersebut

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar