Dua destinasi wisata di Kota Batu segera uji coba operasional

Dua destinasi wisata di Kota Batu segera uji coba operasional

Arsip foto. Suasana di Jatim Park 2 atau Batu Secret Zoo yang ditutup sejak 3 Juli 2021, pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). (ANTARA/Vicki Febrianto)

Kota Batu diberikan dua kuota, Jatim Park 2, dan Selecta. Kementerian yang memilih, kami memberikan usulan
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Dua destinasi wisata di Kota Batu, Jawa Timur, segera melakukan uji coba operasional dan dibuka untuk para wisatawan pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq di Kota Batu, Rabu, mengatakan bahwa dua destinasi wisata yang akan melakukan uji coba operasional tersebut adalah Jatim Park 2 atau Batu Secret Zoo, dan Taman Rekreasi Selecta Kota Batu.

"Kota Batu diberikan dua kuota, Jatim Park 2, dan Selecta. Kementerian yang memilih, kami memberikan usulan," kata Arief.

Baca juga: Tempat wisata di Kota Batu Jatim belum diizinkan beroperasi

Arief menjelaskan usulan yang disampaikan oleh Pemerintah Kota Batu mencakup 30 destinasi wisata yang ada di wilayah tersebut. Usulan itu disampaikan kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Kesehatan.

Menurutnya, dari 30 destinasi wisata di Kota Batu yang diusulkan, hanya dua yang akan diberikan izin untuk uji coba operasional. Uji coba pembukaan destinasi wisata tersebut, merupakan program dari pemerintah pusat untuk 20 destinasi wisata di Jawa-Bali.

"Itu merupakan program uji coba dari Kemenparekraf, dan Kemenkes. Uji coba dilakukan pada 20 destinasi wisata yang ada di Jawa-Bali," ujarnya.

Baca juga: Pemprov DKI uji coba pembukaan wisata Ancol dan TMII bagi masyarakat

Dua destinasi wisata yang akan melakukan uji coba operasional tersebut, lanjutnya, dinilai telah memenuhi sejumlah persyaratan yang telah disiapkan oleh Kemenparekraf, dan Kemenkes. Destinasi wisata harus memenuhi sejumlah persyaratan yang ditetapkan.

Sejumlah persyaratan tersebut adalah protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environtment Sustainability (CHSE), seluruh karyawan telah mendapatkan vaksinasi COVID-19, memiliki sarana dan prasarana penerapan protokol kesehatan, dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Yang kami ajukan sebanyak 30 destinasi wisata, itu yang telah memenuhi standard, yang sudah memiliki CHSE, vaksinasi 100 persen, sarana prasarana siap, dan mengunduh PeduliLindungi," ujarnya.

Baca juga: Sleman segera uji coba pembukaan destinasi wisata Candi Ratu Boko

Ia menambahkan, terkait kapan waktu uji coba operasional Jatim Park 2, dan Taman Rekreasi Selecta tersebut, pihaknya masih belum bisa memastikan. Saat ini, pihaknya masih menunggu pin barcode dari Kementerian Kesehatan.

Saat ini, wilayah Kota Batu masih menerapkan masa PPKM level 3. Sesungguhnya, dalam masa PPKM level 3, destinasi wisata masih belum diizinkan untuk beroperasi. Jika suatu wilayah memasuki level 2 PPKM, maka destinasi wisata diperbolehkan untuk beroperasi.

Hingga saat ini, secara keseluruhan di wilayah tersebut, ada sebanyak 3.015 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 2.714 orang dilaporkan telah sembuh, 256 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kota Batu berbenah setelah dihadang banjir bandang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar