Jakarta (ANTARA News) - PT Unilever Indonesia Tbjk menargetkan laba bersih di tahun 2010 mencapai 3 triliun rupiah, dan jumlah ini setara dengan jumlah laba bersih 2009 yang juga mencapai Rp3 triliun.

"Kami menargetkan laba bersih untuk tahun 2010 mencapai 3 triliun rupiah atau sama dengan laba tahun 2009, namun jumlah angka di tahun ini belum bisa diketahui, karena belum tutup buka tahun," kata Direktur Unilever Indonesia Okty Damayanti di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, pada tahun 2009 laba bersih tumbuh sekitar 26,5 persen dari tahun 2008 mencapai lebih Rp3 triluin, dan penjualan tumbuh 17,1 persen menjadi Rp18,25 triliun dari tahun 2008, dan untuk tahun 2010 masih dalam proses pendataan.

Menurut Okty, setiap tahunnya Unilever selalu meluncurkan sekitar 30 inovasi atau produk-produk unggulan, antara lain makanan, minuman, produk kesehatan, produk kebersihan, dan lain-lain.

"Sebagai perusahaan penyedia produk konsumen yang mempunyai peran penting, Unilever adalah produsen merek-merek yang sudah sangat dikenal, yaitu Pepsodent, Lifebouy, Lux, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Rinso, Molto, Pond`s, Citra, Blue Band, Sariwangi, Royco, Bango, Wall`s, dan masih banyak lagi," ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai perusahaan yang mempunyai tanggung jawab yang tinggi terhadap masyarakat, secara berkelanjutan Unilever menjalankan program tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR) tidak hanya pada program korporasi, melainkan juga pada brand-brandnya.

Program sosial masyarakat yang dilakukan Unilever selama ini, antara lain Kampanye Cuci Tangan dengan Sabun (Lifebouy), Program Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut (Pepsodent), Program Pelestarian Makanan Tradisional (Bango), Program memerangi kelaparan dan membantu anak indonesia yang kekurangan gizi (Blue Band), dan lain-lain.

"Kami sadar Unilever tidak bisa bekerja sendiri, dan kami telah bekerjasam dengan pemerintah, organisasi, mahasiswa, swasta, instansi terkait, dan lain-lain untuk menjalankan program-program yang akan berdampak positif bagi masyarakat," ujarnya.

Unilever mempunyai empat program, antara lain Program Lingkungan, yaitu program yang bertujuan untuk mengubah paradigma masyarakat terhadap lingkungan melalui program Unilever Green and Clean, Program Edukasi Kesehatan Masyarakat, yaitu program yang meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

Program Pengembangan Ekonomi, yaitu program yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan petani melalui pembinaan, pendampingan, fasilitas akses pasar, pembiayaan, dan Program Bantuan Kemanusiaan, yaitu program cepat tanggap untuk bantuan kemanusiaan bagi wilayah yang dilanda bencana.

"Posisi Unilever Indonesia yang kuat sebagai pemimpin pasar telah diakui melalui penghargaan Nasional dan Internasional yang diterima oleh perusahaan. Pada tahun 2009, Unilever Indonesia menerima 137 penghargaan baik dari dalam negeri maupun luar negeri dari berbagai media massa papan atas maupun instansi pemerintah, dan lembaga lainnya," imbuhnya.

(ANT-135/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010