2.000 pelajar di Garut disasar vaksinasi COVID-19 Kodam III/Siliwangi

2.000 pelajar di Garut disasar vaksinasi COVID-19 Kodam III/Siliwangi

Petugas kesehatan melakukan vaksinasi untuk pelajar SMP di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (8/9/2021). (FOTO ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

Kita melaksanakan vaksinasi kepada siswa siswi SMP yang ada di wilayah Garut, dengan jumlah 2.000 orang, kemudian kita memberikan juga bantuan-bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak
Garut (ANTARA) - Komando Daerah Militer (Kodam) III/ Siliwangi melakukan vaksinasi COVID-19 dengan sasaran kalangan pelajar tingkat SMP sebanyak 2.000 dosis di Kabupaten Garut, Jawa Barat dalam rangka membantu pemerintah mempercepat vaksinasi sehingga terwujud kekebalan kelompok.

"Kita melaksanakan vaksinasi kepada siswa siswi SMP yang ada di wilayah Garut, dengan jumlah 2.000 orang, kemudian kita memberikan juga bantuan-bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak," kata Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar SMP di Kabupaten Garut, Rabu.

Ia mengatakan bahwa dosis vaksin yang disiapkan itu sementara untuk momentum saat ini sasarannya pelajar di Kecamatan Garut Kota dan Cibatu.

Ia menyampaikan tujuan melakukan vaksinasi kepada pelajar itu untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) dan membentuk kekebalan kelompok atau "herd immunity".

"Totalnya ada sebanyak 2.000 orang hari ini, ada yang di Garut kemudian ada pula yang di Cibatu, kita kolaborasi," katanya.

Ia menyatakan Kodam III/Siliwangi menerapkan tiga strategi dalam menyukseskan vaksinasi yakni pertama dengan menggelar vaksinasi reguler yang dilaksanakan setiap hari di 42 titik dikoordinasasikan oleh Babinsa.

Strategi kedua jajarannya mendatangi masyarakat yang akan divaksin, dan ketiga melakukan kolaborasi dengan semua pihak elemen masyarakat.

"Jadi kita proaktif, selain ada yang dilakukan oleh Kodam III Siliwangi itu 42 titik untuk vaksinasi reguler, tiap hari masyarakat bisa datang ke tempat-tempat tersebut," katanya.

Ia menambahkan jajarannya menargetkan 35 ribu orang mendapatkan vaksinasi setiap hari di wilayah Kodam III/Siliwangi tingkat Provinsi Jawa Barat dan Banten.

"Kita punya target itu satu hari 35 ribu vaksinasi, Kodam Siliwangi se-Jawa Barat dan Banten," kata Agus Subiyanto.

Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan terima kasih adanya perhatian dari Panglima Kodam III/Siliwangi yang memberikan perhatian terhadap Garut dalam menyukseskan vaksinasi COVID-19.

Selama ini seluruh pihak seperti TNI, Polri, dan pemerintah daerah, kata Bupati, terus bahu-membahu untuk membangun Kabupaten Garut, termasuk menyukseskan pelaksanaan vaksinasi.

"TNI, Polri, dan pemerintah daerah terus bahu membahu untuk menyelesaikan masalah kesehatan," demikian Rudy Gunawan.

Baca juga: Kemenparekraf gandeng PHRI buat sentra vaksinasi di Garut

Baca juga: TNI AL vaksinasi santri di pelosok Garut dan Tasikmalaya

Baca juga: Kasus aktif pasien COVID-19 di Garut-Jabar bertambah jadi 451 orang

Baca juga: Anggota DPRD Garut hadiahi mesin cuci bagi warga divaksin COVID-19

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Atasi kekeringan di Garut, Pemprov Jabar anggarkan pipanisasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar