Berupaya agar semakin banyak masyarakat yang mendapatkan vaksin COVID-19 secara gratis dan mudah
Ambon (ANTARA) - Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada) III TNI Angkatan Laut menggencarkan kegiatan serbuan vaksinasi massal COVID-19 kepada warga di wilayah operasi mereka.

Komandan Guspurla Koarmada III TNI AL Laksamana Pertama TNI Retiono Kunto, di Namlea, Kabupaten Buru, Kamis, mengatakan pihaknya berupaya agar semakin banyak masyarakat yang mendapatkan vaksin COVID-19 secara gratis dan mudah.

Hal ini sebagaimana perintah dari Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono agar mereka mendukung percepatan program vaksinasi di seluruh Indonesia, terutama bagi masyarakat maritim di pulau-pulau terpencil dan terluar di kawasan timur yang merupakan wilayah operasi Guspurla Koarmada III.

Sebagai wujud pelaksanaan perintah tersebut, Guspurla Koarmada III menggelar vaksinasi massal kepada warga di Namlea pada Rabu (8/9) kemarin.

Kegiatan tersebut bersamaan dengan pelaksanaan operasi pengamanan perairan perbatasan wilayah timur Indonesia yang berlangsung sejak awal Agustus 2021 menggunakan kapal markas Guspurla Koarmada III, KRI Albakora-867.

"Wilayah pulau terpencil merupakan daerah yang penting, karena akses komunikasi terbatas sehingga langkah ini dilakukan untuk mempercepat program tersebut," kata dia.

Dia menambahkan, Guspurla Koarmada III menyediakan 325 dosis vaksin Sinovac untuk kegiatan serbuan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Buru, lebih banyak dari jumlah pendaftar yang hanya sebanyak 264 orang.

Melibatkan tenaga kesehatan setempat, vaksinasi massal dilaksanakan di aula kantor bupati Buru. Sedikitnya ada 193 warga yang datang untuk vaksin gratis tapi hanya 168 orang yang disuntik vaksin, sementara 25 orang lainnya tidak bisa divaksin sebab kondisi kesehatan tidak memungkinkan.

"Pelaksanaan vaksin di Pulau Buru merupakan manifestasi dari tugas pokok Guspurla Koarmada III, selain itu kegiatan serbuan vaksinasi kali ini juga merupakan rangkaian peringatan HUT Ke-76 TNI AL," ujar Komandan Guspurla Koarmada III Laksamana Pertama TNI Retiono Kunto.
Baca juga: Vaksinasi dosis kedua digelar TNI-AL untuk warga maritim Kota Sorong
 

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021