Jakarta (ANTARA News) - UKM Center Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dengan Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat pada 18 Desember 2010 akan memberikan penghargaan untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) melalui "Indonesia International Migrant Worker`s Award 2010".

"Lomba yang dapat melihat sisi positif dari menjadi TKI ini terdiri dari empat kategori, yakni Penghargaan Purna TKI Wirausaha, Penghargaan Remitansi Produktif, Penghargaan Purna TKI Motivator dan Penghargan bagi Petugas Pelayanan Kepulangan Pekerja Migran," Kata Direktur Utama UKM Center FE UI, Nining I Soesilo, MA, kepada pers di Jakarta, Kamis.

Penghargaan Purna TKI Wirausaha adalah penghargaan dan apresiasi yang diberikan kepada para TKI yang berhasil beralih dari pekerja di negeri orang menjadi wirausah di negeri sendiri bahkan mampu menberikan nilai tambah untuk masyarakat dan lingkunan sekitar.

Proses penjurian akan dilakukan melalui penjaringan dan penerimaan formulir melalui survey langsung ke masyarakat, penilaian formulir dan penjurian nominasi final di Jakarta.

Sedangkan Penghargaan Remintasi Produktif adalah penghargaan yang diberikan kepada keluarga para pekerja migran internasional yang berhasil menggunakan pngiriman uang dari luar negeri untuk kegiatan produktif.

Untuk kategori ini proses penjurian sama dengan kategori Purna TKI Wirausaha, namun berbeda pada penilaian juri yang penilaiannya dinilai dariempat aspek yaitu, tingkat melek keuangan,dari keluarga penerima dana, keberlangsungan usaha untuk pendapatan yang berkelanjutan, dampak terhadap keluarga dan nilai tambah untuk lingkungan sekitar.

Penghargaan ketiga adalah Purna TKI Motivator, yaitu penghargaan yang diberikan kepada purna TKI yang memberikan teladan dan manfaat bagi lingkungan sekitarnya sehingga mampu menginspirasi orang lain untuk melakukan kegiatan yang positif.

Proses penilaian pada kategori ini sama pada kategori lain, aspek yang dinilai ialah aspek inividu, kegiatan yang dilakukan, kontribusi dan pengakuan pihak lain.

Kategori keempat ialah Penghargaan Bagi Petugas Pelayanan Kepulangan Pekerja Migran Terbaik yaitu penghargaan yang diberikan kepada Petugas Pelayanan Pekerja Migran di bandara kedatangan yang memberikan pelayanan terbaik kepada pekerja migran yang baru tiba ditanah air.

Juga aspek yang dinilai antara lain keramahan, kejelasan arahan dan pelayanan prima.

"Tadinya kami ingin membuat enam lomba tetapi jadinya empat karena kami pun baru pertama kali mengadakan lomba seperti ini," katanya.

Ia menagatakan dua lomba yang belum masuk kategori ini adalah Karya Media dan Pembina dari kalangan Pemda.

Peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak lima belas orang dengan juri yang tidak melibatkan pemerintahan.

"Pemenang penghargaan akan diumumkan pada 20 Desember 2010 di Istana Wakil Presiden," katanya.

Nantinya pemenang akan mendapatkan piala, piagam dan uang tunai yang akan diserahkan oleh Menkokesra, Menteri Pemberdayaan Perempuan, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). (*)
(T.M-PAD/A025/R009) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010