Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi tim vaksinator Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Belawa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan yang menggunakan perahu untuk melakukan vaksinasi secara pintu ke pintu karena wilayah tersebut terdampak banjir.

“Oh ya bagus. Iya, bagus Bu, kalau bisa dilaksanakan dari pintu ke pintu, vaksinasinya door to door, itu akan beri pelayanan lebih baik, kalau tidak bisa langsung ya, lebih bagus jemput bola,” kata Presiden saat berbincang dengan tim vaksinator UPTD Belawa, Wajo, melalui telekonferensi video di SMA Negeri 3 Wajo, Sulawesi Selatan, seperti ditayangkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, dipantau di Jakarta, Kamis.

Dalam dialog dengan Presiden melalui telekonferensi video itu, perwakilan tim vaksinator UPTD Belawa mengatakan sebagian besar wilayah kerja di Belawa terdampak banjir. Dengan begitu, tim vaksinasi harus melakukan vaksinasi secara pintu ke pintu dengan menggunakan perahu untuk menjangkau masyarakat.

"Perlu juga kami sampaikan kepada bapak bahwa sebagian besar wilayah kerja kami terdampak banjir sehingga untuk memaksimalkan dilaksanakannya dari rumah ke rumah dengan menggunakan perahu," kata perwakilan tersebut.

Baca juga: Presiden sebut semakin banyak pelajar divaksinasi akan percepat PTM
Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Bendungan Paselloreng, dukung lumbung pangan
Baca juga: Presiden Jokowi: Catatan prestasi atlet warnai Haornas ke-38


Presiden kemudian turut menyapa sejumlah tenaga kesehatan di berbagai sekolah di Wajo, Sulawesi Selatan, yang juga sedang menggelar vaksinasi, melalui telekonferensi video.

Presiden menanyakan target pelajar yang akan diberi vaksin, dan juga ketersediaan vaksin kepada perwakilan tenaga kesehatan di SMK Negeri 1 Wajo dan SMA Negeri 9 Wajo

“Di dalam minggu ini selesai 400 orang tadi yang akan divaksin ?,” tanya Presiden kepada perwakilan pelaksanaan vaksinasi di SMA Negeri 9 Wajo.

“Insya Allah Pak,” kata perwakilan tersebut.

Presiden juga menerima laporan dari para tenaga kesehatan bahwa ketersediaan vaksin mencukupi dan bisa langsung didistribusikan.

Seusai berdialog, Presiden Jokowi mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

“Saya berharap vaksinasi bisa lancar semuanya, dan anak-anak bisa melakukan pembelajaran tatap muka. Tetap jaga protokol kesehatan, terutama pakai masker, jangan sampai dilepas ya,” ujar Presiden.

Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga kemudian meninjau kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat di Puskesmas Wewangrewu, Kabupaten Wajo.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kegiatan peninjauan vaksinasi ini adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dan Bupati Wajo Amran Mahmud.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021