BPBD Kota Bogor siagakan tiga tim bencana saat musim hujan

BPBD Kota Bogor siagakan tiga tim bencana saat musim hujan

Petugas BPBD Kota Bogor sedang membenahi pohon tumbang di kawasan Gunung Batu, Kota Bogor, setelah hujan deras disertai angin kencang pada Rabu (8/9/2021). (ANTARA/HO/BPBD Kota Bogor)

Tim segera mendatangi lokasi bencana untuk memberikan bantuan
Bogor (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menyiagakan tiga tim lapangan mengantisipasi bencana memasuki musim hujan, menyusul sejumlah kejadian pohon tumbang, rumah roboh dan luapan air saat hujan deras disertai angin kencang pada Rabu (8/9).

"Tim segera mendatangi lokasi bencana untuk memberikan bantuan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Theofilo Patrocinio Freitas kepada ANTARA di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Ia menyebutkan pada Rabu (8/9) saat hujan deras disertai angin kencang dan petir, terjadi enam peristiwa bencana di Kota Bogor, yakni tiga peristiwa pohon tumbang di tiga lokasi, salah satunya menimpa empat mobil yang parkir di kawasan Gunung Batu, Bogor Barat.

Baca juga: BMKG Bogor: Tahun 2021 didominasi hujan, kemarau hanya sebentar

Selain itu terjadi sejumlah rumah roboh dan luapan air di tiga lokasi lainnya di Kota Bogor.

Menurut Theofilo, BPBD Kota Bogor juga menyiapkan peralatan untuk pertolongan kejadian bencana, seperti mesin senso (gergaji mesin) dan tali tambang untuk mengikat dan memotong pohon, jika terjadi pohon tumbang yang menimpa atap rumah atau menutupi badan jalan.

Tenda terpal untuk pengungsian sementara warga, jika terjadi rumah roboh akibat tanah longsor atau banjir.

Baca juga: Pemkot Bogor ajak IPB dan Unpak teliti saluran air kuno

"Kami juga menyiapkan hunian sementara, jika ada korban bencana yang rumahnya hancur dan membutuhkan tempat tinggal sementara," katanya.

Theofilo menjelaskan, mulai September ini diperkirakan memasuki musim hujan hingga Februari 2022, sehingga BPBD Kota Bogor perlu menyiapkan dan meningkatkan kesiagaan tim lapangan untuk memberikan bantuan, pada saat terjadi bencana.

Anggota tim tersebut, kata dia, selalu siaga di Kantor BPBD, dan setelah mendapat laporan dari warga mengenai adanya kejadian bencana, segera meluncur ke lokasi dan memberikan bantuan.

Baca juga: BPBD Kota Bogor tangani 9 bencana dalam 2 hari

Kejadian bencana pohon tumbang di Kota Bogor, dilaporkan terjadi di Jalan Pemuda, dekat Kantor DPRD Kota Bogor, serta di Jalan Mayjen Ishak, Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, akibat turun hujan deras disertai angin kencang.

Pohon tumbang di Gunung Batu, menimpa empat mobil yang sedang parkir sehingga mobil mengalami kerusakan.

"Pada kejadian ini tidak ada korban jiwa maupun luka-luka, karena mobil yang diparkir dalam keadaan kosong," katanya.

Theo juga mengingatkan warga Kota Bogor, untuk mewaspadai turunnya hujan deras disertai angin kencang, agar tidak berteduh di bawah pohon besar. (R024)

Baca juga: Wali Kota Bogor sebut tiga kategori pohon, waspadai yang rawan tumbang

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cuaca buruk, pohon timpa mobil di Jember

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar