Jakarta (ANTARA) - Lima provinsi berhasil lolos babak utama yang dimulai di babak semifinal untuk terbang ke Jayapura mengikuti pertandingan cabang olahraga eshibisi esport nomor eFootball PES 2021 dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Banten, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat dan Kalimantan Selatan berhasil melaju ke babak semifinal PES PON Papua, dikutip dari akun YouTube resmi PB ESI, Kamis.

Lima provinsi tersebut telah melalui babak kualifikasi pada 26 Agustus-5 September, yang dilanjutkan dengan babak play-off dalam Pra-PON eFootball PES yang berlangsung 7-8 September.

Baca juga: Cabor esport masuki tahap Pra PON Papua usai kualifikasi provinsi

DKI Jakarta mengamankan slot di semifinal setelah menumbangkan Maluku Utara dan Banten pada babak 16 besar dan perempat final.

Sementara itu, Banten harus melalui perjalanan yang lebih panjang. Banten yang kalah dari DKI Jakarta harus menuju lower bracket untuk bertanding melawan Jawa Timur yang tidak dapat mengungguli Jawa Barat.

Banten kemudian berhadapan dengan Kalimantan Timur untuk akhirnya dapat mengamankan tiket di semifinal.

Di sisi lain, perjuangan Kalimantan Selatan untuk meraih tiket semifinal dan bertanding di Jayapura dimulai dengan mengalahkan Bali di babak 16 besar dan Kalimantan Timur di perempat final.

Baca juga: Esport resmi jadi cabor eksibisi pertandingan PON XX Papua

Gorontalo berhasil meraih tempat setelah menaklukkan Sulawesi Selatan dan menumbangkan Lampung. Sementara, Jawa Barat mengalahkan Kalimantan Barat dan Jawa Timur pada babak 16 besar dan perempat final.

Lima provinsi tersebut akan bergabung dengan tim tuan rumah Papua untuk bertanding memperebutkan gelar juara di lapangan Hoki & Kriket di Doyobaru, Jayapura, pada 22-26 September.

Berikut atlet yang akan bertanding di babak utama cabang olahraga ekshibisi esport eFootball PES PON XX Papua.
Banten: M. Tamrin dan Haerul Wibowo
DKI Jakarta: Elvan Bakkara dan M. Abdul Azis
Gorontalo: M. Akbar Paudie dan M. Bayu Habibie
Jawa Barat: Ferry Gumilang dan Rizky Faidah
Kalimantan Selatan: M. Reza Alfiqi dan R. Hadiwijaya

Baca juga: Pendaftaran PUBG Mobile untuk PON XX Papua 2021 resmi dibuka
Baca juga: Mengenal Lokapala, game lokal yang dipertandingkan di PON XX Papua

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021