Jakarta (ANTARA) - Indonesia Tourism Forum (ITF) menyatakan kepercayaan masyarakat internasional terhadap Indonesia sebagai destinasi wisata yang aman masih kuat.

Oleh karena itu, menurut Chairman ITF Sapta Nirwandar di Jakarta, Kamis, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Annual Meeting Global Tourism Forum (GTF) 2021 yang akan digelar di Jakarta pada 15-16 September 2021.

"Di saat seluruh dunia masih bertarung menghadapi pandemi global COVID-19,Indonesia mendapat berkahnya dengan penyelenggaraan Global Tourism Forum ini. Insha Allah pembicara internasional sebagian hadir di Jakarta," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Dikatakannya, kegiatan Global Tourism Forum (GTF) 2021 bertajuk "Leaders Summit Asia" melibatkan 101 narasumber internasional serta didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pertanian, Kementerian Luar Negeri dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta asosiasi industri pariwisata.

Global Tourism Forum, tambahnya, merupakan brand dari World Tourism Forum Institute (WTFI) dan suatu kolaborasi platform yang difokuskan pada tantangan-tantangan yang dihadapi oleh industri pariwisata dan perjalanan.

Sapta mengapresiasi pemerintah yang mampu mengatasi pandemi COVID-19 sehingga kasus menurun dan meski acara GTF sempat tertunda dua kali maka persiapan menuju pelaksanaan sejauh ini berjalan lancar.

"Sejauh ini persiapan berjalan lancar, event akbar ini menghadirkan Wakil Presiden Turki Fuat Oktay yang akan memberikan sambutan bersama Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan Presiden World Tourism Forum Institute, Bulut Bagci.

Menurut Sapta yang juga Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2011-2014. Global Tourism Forum (GTF) memainkan peranan penting dalam menarik investasi langsung ke dalam negeri.

"Karena itu, event GTF menjadi sangat penting terutama dalam masa sulit seperti saat ini," katanya.

Baca juga: Pengamat: Pastikan prokes diterapkan ketat di tempat wisata

Baca juga: Wisata "outdoor" pilihan destinasi aman masa pandemi

Pewarta: Subagyo
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021