Wagub DKI tegaskan objek wisata TMII dan Ancol masih uji coba

Wagub DKI tegaskan objek wisata TMII dan Ancol masih uji coba

Taman Mini Indonesia Indah masih sepi dari pengunjung hanya terlihat beberapa warga tengah berolahraga sepeda. ANTARA/ Anisyah Rahmawati

karena ramai, jadi dua tempat itu yang diujicoba
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan objek wisata di Jakarta termasuk Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) belum dibuka bagi masyarakat sehingga  status keduanya sampai saat ini masih uji coba.

"Belum diputuskan untuk dibuka, saat ini sedang diujicoba dan dirapatkan, mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama bisa ada keputusan," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis malam.

Baca juga: Wagub DKI: Operasional bioskop di Jakarta masih dipertimbangkan

Saat ini Ancol dan TMII, lanjut Riza sedang diujicoba yang kemungkinan akan bertambah secara bertahap pada tempat lainnya.

"Kenapa dua tempat itu, karena ramai, jadi dua tempat itu yang diujicoba," ucap dia menambahkan.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba pembukaan dua tempat wisata yakni Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) setelah pemerintah mulai melonggarkan aturan PPKM level tiga di Ibu Kota.

Baca juga: Ribuan warga positif COVID-19 berkeliaran, Wagub: Tolong patuhi aturan

"Buka untuk uji coba di TMII dan Ancol," kata Kepala Seksi Pengawasan Hiburan dan Rekreasi Bidang Industri Pariwisata Disparekraf Iffan di Jakarta, Rabu (8/9).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menerbitkan Keputusan Gubernur Nomor 1072 tahun 2021 tentang PPKM level tiga yang di dalamnya mengatur uji coba pembukaan tempat wisata tertentu.

Uji coba tempat wisata itu juga sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 tahun 2021 tentang PPKM level 4,3 dan 2 di Jawa dan Bali berlaku 7-13 September 2021.

Baca juga: Saat ini hanya ada zona oranye di DKI Jakarta

Dalam Keputusan Gubernur DKI yang terbaru itu, tempat wisata wajib mengikuti protokol kesehatan yang diatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan.

Kemudian, jam operasional hingga pukul 21.00 WIB dan wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Selain itu, anak dengan usia kurang dari 12 tahun dilarang untuk memasuki tempat wisata dalam uji coba itu.

Adapun daftar tempat wisata yang mengikuti uji coba itu ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Rencana uji coba pembukaan tempat wisata itu dilakukan setelah melalui pembahasan dalam rapat yang dipimpin langsung Gubernur Anies Baswedan pada Selasa (7/9).

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wagub DKI apresiasi Reuni 212 tidak diadakan di Jakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar