Demokrat beri 35 tokoh penghargaan, SBY terima "Lifetime Achievement"

Demokrat beri 35 tokoh penghargaan, SBY terima "Lifetime Achievement"

Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (kiri), memberi Penghargaan Capaian Seumur Hidup kepada Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) saat acara peringatan HUT ke-20 partai yang berlangsung di Balai Sidang Jakarta, Kamis (9/9/2021) sebagaimana disiarkan lewat aplikasi Zoom. ANTARA/Genta T Mawangi

Jakarta (ANTARA) - DPP Partai Demokrat di Jakarta, Kamis, memberi penghargaan kepada total 35 tokoh-tokoh dan kader senior karena mereka dinilai berjasa terhadap keutuhan dan kemajuan partai.

Dari puluhan tokoh partai yang menerima penghargaan, dua di antaranya adalah Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, dan mendiang Ani Yudhoyono.

Dalam acara puncak peringatan dua dasa warsa Partai Demokrat di JCC, Jakarta, Kamis, SBY menerima Penghargaan Capaian Seumur Hidup (Lifetime Achievement), sementara mendiang istrinya Ani Yudhoyono menerima anugerah Spirit of Demokrat.

Baca juga: Pimpinan partai dan ormas yakin Demokrat terus merawat kebersamaan

"Penghargaan Capaian Seumur Hidup merupakan anugerah tertinggi yang diberikan Partai Demokrat ke tokoh partai," kata Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, saat menyampaikan pidatonya pada acara itu.

“20 tahun ke depan, nasihat orangtua, nasihat juga seorang pejuang Demokrat adalah raih atau dapatkan sukses-sukses yang lain. 20 tahun mendatang dan selamanya, saya yakin Partai Demokrat bisa mencetak dan meraih sukses-sukses atau kegemilangan baru di masa depan,” kata SBY, saat menyampaikan pidato penerimaan anugerah di hadapan para pengurus dan kader-kader partai yang mengikuti acara secara virtual.

“Tetaplah kompak dan bersatu. Tetaplah berikhtiar tanpa menyerah sebagaimana sikap pejuang,” kata SBY.

Baca juga: HUT ke-20, Demokrat beri penghargaan untuk tokoh senior partai

Dalam kesempatan itu, SBY yang mewakili mendiang istrinya, mengatakan, Ani Yudhoyono merupakan sosok yang tepat untuk menerima anugerah Spirit of Demokrat.

Alasannya, Ani Yudhoyono telah terlibat sejak Partai Demokrat masih dalam bentuk gagasan sampai akhir hayatnya. Tidak hanya pernah bertugas sebagai pengurus partai, Ani Yudhoyono juga selalu memberi semangat kepada seluruh kader, kata SBY.

“Saya atas nama Ibu Ani mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum dan jajaran pengurus Partai yang memberi anugerah ini kepada Almarhum,” ujar SBY.

Baca juga: AHY ingatkan demokrasi yang sehat penting untuk pemulihan dari krisis

Di samping dua anugerah itu, 30 tokoh senior Partai Demokrat juga menerima Penghargaan Pejuang Partai Demokrat, sementara tiga kader perempuan mendapatkan Penghargaan Srikandi Partai Demokrat.

30 tokoh senior Partai Demokrat yang menerima Penghargaan Pejuang Partai, di antaranya Prof Subur Budi Santoso (ketua umum pertama Partai Demokrat), Sjarifuddin Hasan, Letnan Jenderal TNI (Purn) E E Mangindaan, Amir Syamsuddin, Edhie Baskoro Yudhoyono, Hinca I P Pandjaitan XIII, mendiang Ventje Rumangkang, Andi Alifian Mallarangeng, Mayor Jenderal TNI (Purn) Nachrowi, Joko Suwanda, dan Bahaudin Tonti.

Baca juga: Presiden dan Wapres dorong Demokrat terus jaga demokrasi tetap sehat

Beberapa dari tokoh itu merupakan pendiri partai, di antaranya Rumangkang, Suwanda, dan Tonti.

Sementara itu, tiga kader perempuan yang menerima Penghargaan Srikandi Partai Demokrat, yaitu Melani Leimena Suharli, Titi Budi Santoso, dan Indrawati.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar