Jakarta (ANTARA) - Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton menyebut George Russell bakal memberi energi baru bagi Mercedes ketika kedua pebalap menjadi tandem musim depan.

Keputusan Valtteri Bottas hengkang ke Alfa Romeo pada Senin membuka jalan bagi Russell untuk pindah dari Williams ke Mercedes.

"Pada dasarnya dia adalah bagian dari kelompok muda," kata Hamilton jelang Grand Prix Italia di Monza seperti dikutip laman resmi F1, Kamis.

"Saya rasa talenta muda yang sedang datang sangat luar biasa untuk olahraga ini, dan masa depan olahraga ini.

"Darah muda di tim kami saya rasa akan luar biasa, tentunya, karena saya yang lebih tua di sini. Dan saya kira itu tentunya akan memberi energi seluruh tim, karena mereka memiliki pebalap muda yang datang dengan rasa dahaga, termotivasi dan akan mendorong tim ke depan."

Baca juga: Fakta singkat George Russell, calon tandem Hamilton di Mercedes
Baca juga: Mercedes resmi tandemkan George Russell dan Lewis Hamilton musim 2022

Hamilton mengungkapkan dia tidak akan repot-repot menganalisis kekuatan dan kelemahan Russell karena dia telah menyaksikan bagaimana kompatriotnya membalap di Formula 3, GP2 dan kejuaraan balap lain yang pernah ia ikuti.

"Tidak diragukan lagi dia sangat berbakat. Saya tidak melihat detail di mana dia lemah, itu bukan sesuatu yang saya ingin lakukan. Saya hanya tahu dia akan semakin kuat, bahkan di sembilan balapan berikutnya, dan tahun depan lagi dia akan memanaskan persaingan, tentunya."

Menyusul konfirmasi perekrutan Russell untuk 2022, Bottas tak lupa memuji peran Bottas yang turut membantu Mercedes sejak 2017, menjadi bagian dari empat gelar juara dunia terakhir tim Silver Arrow.

"Ini perjalanan yang luar biasa. Saya mendapat teman selama waktu itu dan kami telah membantu tim meraih empat titel dunia selama itu.

"Tentunya kami masih mencoba menutup musim dengan hasil terbaik, tapi saya juga senang atas babak baru kehidupan dia. Semua yang telah kami tumbuhkan dan pelajari bersama, dia akan terus tumbuh dan lebih baik."

Baca juga: F1 pertimbangkan tim wajib turunkan pebalap muda di sesi latihan Jumat
Baca juga: Statistik Grand Prix Italia
Baca juga: Verstappen-Hamilton bakal beradu sprint lagi di Monza

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2021