Jakarta (ANTARA) - Huawei memamerkan teknologi canggih augmented reality head-up display (AR-HUD) mutakhir untuk tawarkan pengalaman baru dalam mengendarai mobil pintar dalam gelaran International Motor Show Germany atau IAA Mobility 2021. 

Solusi teknologi tersebut mengubah kaca depan menjadi tampilan first-person view (FPV) yang mengintegrasikan teknologi canggih untuk menghadirkan fungsi keselamatan sekaligus fungsi hiburan.

“Huawei AR-HUD menggunakan mesin tampilan optik inovatif dan teknologi optik spasial untuk melampaui keterbatasan media serta menciptakan pengalaman baru untuk berkendara yang aman,” kata President of Huawei General Optical Applications Product Line, Kevin Huang, dikutip dari keterangan resminya pada Jumat.

Baca juga: Apple peringkat teratas di pasar jam tangan pintar global kuartal II

Huawei AR-HUD disebut akan mudah beradaptasi dengan berbagai situasi dan fungsi, mulai dari menampilkan informasi dasbor, menyediakan navigasi AR, mendukung mengemudi dengan bantuan yang aman, mengoptimalkan petunjuk untuk kondisi penglihatan malam/kabut hujan, serta menyediakan konten hiburan.

“Ke depan, AR-HUD akan berevolusi ke bingkai yang lebih besar, definisi yang lebih tinggi, dan 3D mata telanjang untuk membangun visi super yang belum pernah dicapai sebelumnya,” ujar Huang.

Teknologi HUD pertama kali digunakan pada jet tempur untuk meningkatkan keselamatan penerbangan dan kemudian diterapkan di industri otomotif.

AR-HUD inovatif yang diluncurkan oleh Huawei menyediakan ruang pandang atau field of view (FOV) 13° x 5°, yang berarti bahwa gambar virtual 70 inci ditampilkan 7,5 m di depan pengemudi.

Huawei AR-HUD berbentuk kompak (hanya 10 L) dan memiliki FOV yang besar. Rasio FOV-to-volume yang tinggi memungkinkannya beradaptasi dengan beberapa model kendaraan.

Huawei AR-HUD memungkinkan lebih dari 100 tampilan full-HD PPD dan memberikan gambar yang cerah, kontras tinggi, dan tidak terdistorsi sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman video dan audio yang luar biasa.

Saat kendaraan diparkir, penumpang depan atau pengemudi dapat memiliki pengalaman seru dengan fitur video HD, panggilan video, dan game.

Selain itu, dengan menggabungkan tempat menarik atau points of interest (POI) pada peta real-scene, AR-HUD menampilkan informasi tentang tempat parkir, restoran, pusat perbelanjaan, bioskop, dan pompa bensin secara real time.

“Huawei akan terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan teknologi optik untuk menawarkan berbagai produk dalam kendaraan dan bidang lainnya, memberdayakan banyak industri dengan kemampuan optik kami,” kata Huang.

Baca juga: Huawei konfirmasi dukungan Windows 11 untuk laptop seri MateBook

Baca juga: Huawei Mate 50 bakal dilengkapi fitur SMS satelit

Baca juga: Pembaruan Huawei seri Watch 3 hadirkan kontrol gerakan cerdas

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021