OYO dan Microsoft kerja sama kembangkan teknologi industri pariwisata

OYO dan Microsoft kerja sama kembangkan teknologi industri pariwisata

Ilustrasi. (ANTARA/OYO Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Microsoft dan perusahaan teknologi pariwisata global OYO mengumumkan kerja sama strategis untuk mengembangkan teknologi di industri pariwisata dan perhotelan masa depan.

Dikutip dari siaran pers, Jumat, OYO akan mengadopsi layanan cloud computing Microsoft Azure sebagai kunci mendorong inovasi berbasis cloud dan merevolusi industri perhotelan dan industri pariwisata berbasis teknologi.

"Menggabungkan kekuatan platform Azure dengan berbagai teknologi dan produk yang telah dikembangkan oleh OYO, kami berharap dapat mempercepat inovasi dalam industri perjalanan dan perhotelan,” kata President Microsoft India Anant Maheshwari.

Dengan solusi ini, OYO akan memperluas dampak positif pada bisnis hotel kecil dan menengah di seluruh dunia. Sejalan dengan komitmen jangka panjang Microsoft atas kemitraan strategis keduanya, Microsoft juga akan berinvestasi di OYO dalam bentuk ekuitas.

“Kami sangat senang dapat berinovasi bersama-sama dengan Microsoft, memimpin kemajuan teknologi masa depan untuk hotel kecil dan menengah, serta terus meningkatkan pengalaman menginap bagi para traveler," ujar Global COO and Chief Product Officer OYO Hotels & Homes Abhinav Sinha.

Abhinav berharap aliansi OYO dengan Microsoft membantu memberikan kekuatan teknologi pada usaha kecil di berbagai belahan dunia.

Lewat kolaborasi ini, kata dia, hotel-hotel di jaringan OYO akan mendapat manfaat dari sistem yang terintegrasi, dengan akses ke teknologi teranyar untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan pendapatan.

"Bagi para pelanggan, kerja sama ini akan mendukung pengalaman menginap yang lebih terpersonalisasi dan berbeda," kata dia.

Sebagai bagian dari aliansi ini, OYO juga akan mengembangkan pengalaman Smart Room untuk para traveler, kontrol suara dalam kamar yang premium dan terpersonalisasi.

Menggunakan layanan Microsoft Speech dan AI, pengalaman tersebut juga akan mencakup check-in mandiri yang didukung oleh sistem kedatangan dan keberangkatan digital, sistem identifikasi Know-Your-Customer (KYC) mandiri, serta smart key untuk ruangan hotel yang dikelola menggunakan Internet of Things (IoT) dan asisten virtual.

“Dengan adanya kerja sama antara OYO dengan Microsoft, mitra hotel kami di Indonesia bisa mengakses teknologi terdepan untuk meningkatkan pelayanan terhadap tamu, serta pengelolaan operasional dan pendapatan yang lebih baik," ujar Country Head OYO Indonesia Agus Hartono Wijaya.

Selain inovasi bersama, OYO juga akan mulai melakukan migrasi beban kerja ke platform Microsoft Azure, mengadopsi Microsoft Suite 365 untuk kolaborasi dan produktivitas kerja yang lebih baik, dan beralih ke Github Enterprise untuk mempercepat pengembangan teknologi dengan aman.

Baca juga: Tingkatkan keamanan pelanggan, OYO Indonesia luncurkan VaccinAid

Baca juga: OYO raih pendanaan kredit berjangka 660 juta dolar AS

Baca juga: Jaringan hotel daring bersiap lonjakan "staycation" jelang Lebaran

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tebar benih ikan untuk kembalikan fungsi sungai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar