Pontianak (ANTARA) - Wasit catur asal Kalimantan Barat Hamdani dipercaya menjadi wasit untuk cabang catur pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar di Papua. 

"Alhamdulillah, saya dipercaya menjadi seorang wasit pada cabang catur di perhelatan olahraga empat tahun sekali itu," kata Hamdani saat dihubungi Antara, Jumat.

Dia menjelaskan penunjukkannya sebagai wasit pada ajang PON tersebut berdasarkan SK Ketua Umum PB PON No. 364/VIII/Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Panitia Pelaksana Cabang Olahraga Catur PON XX/2021 Papua.

"Berdasarkan SK PB PON tersebut, saya terpilih menjadi salah seorang wasit catur yang akan bertugas pada PON XX," tutur Hamdani.

Lebih lanjut, ia menerangkan cabang catur pada PON XX akan berlangsung di Hotel SwissBell Merauke pada 4-13 Oktober 2021. Secara keseluruhan, ada 15 medali emas, perak dan perunggu yang akan diperebutkan oleh 100 atlet.

Baca juga: Dua prajurit TNI perkuat tim atletik Kalbar pada PON Papua 
Baca juga: Gubernur lepas kontingen Kalbar untuk PON XX dan PPN XVI di Papua 


Sesuai dengan Technical Handbook Cabor Catur PON, sambung dia, terdapat sembilan nomor pertandingan di kelompok putra dan enam nomor pertandingan di kelompok putri.

Semua nomor pertandingan Catur PON XX/2021 dilaksanakan dengan sistem pertandingan setengah kompetisi di seluruh kategori, yakni catur standar, catur cepat dan catur kilat.

Sementara itu, Ketua Percasi Kalbar Derry Yulianto mengaku bangga atas terpilihnya Hamdani sebagai salah satu wasit catur di PON Papua.

"Percasi Kalbar bangga sekali ada wasit catur kita yang bertugas di PON. Sebelumnya, Hamdani ini juga pernah menjadi wasit pada ajang internasional, yakni Asian Para Games di Jakarta tahun 2018," ungkap Derry. 

Baca juga: Panjat Tebing Kalbar targetkan medali emas di PON Papua 
Baca juga: Pemain Basket Kalbar optimistis raih medali di PON XX Papua 
Baca juga: Atlet anggar Kalbar Oktavianus targetkan medali emas di PON XX Papua 

 

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021