Timika (ANTARA) - Bidang Hubungan Masyarakat, Pelayanan dan Penyiaran Media PB PON XX Papua Sub Klaster Kabupaten Mimika menggelar bimbingan teknis (bimtek) bagi para peliput acara olahraga nasional empat tahunan itu selama dua hari, mulai Jumat hingga Sabtu (11/9) bertempat di Hotel Horison Ultima, Timika.

Kegiatan tersebut diikuti 80 peserta yang terdiri dari wartawan media cetak, eletronik dan daring di wilayah Timika, serta staf Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mimika.

Sekretaris Umum PB PON XX Papua Sub Klaster Mimika Cesar Avianto Tunya, saat membuka kegiatan tersebut, mengatakan bimtek bagi para awak media peliput PON XX itu sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dalam meliput serta memberitakan hasil pertandingan berbagai cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON XX Papua, yang digelar 2-15 Oktober 2021. 

"Kami sungguh menyadari bahwa rekan-rekan media merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses kerja bersama kita semua untuk menyukseskan agenda PON XX di Tanah Papua. Apalagi, salah satu daerah penyelenggara PON XX Papua, yaitu di Kabupaten Mimika, sehingga diharapkan kita semua dapat memberikan kontribusi positif untuk kesuksesan event ini," kata Cesar di Timika, Jumat.

Menurut dia, peliputan olahraga pada ajang multievent, seperti PON, SEA Games, Asian Games dan Olimpiade membutuhkan teknik-teknik khusus dan pelatihan-pelatihan khusus agar kegiatan tersebut bisa tersiar luas ke seluruh pelosok nusantara.

Baca juga: Menkopolhukam dan Mendagri tinjau kesiapan PON di Papua 

Secara khusus, Cesar menghadirkan tiga narasumber untuk memberikan bimtek kepada para awak media di wilayah Timika agar dapat membagikan semua ilmu, keterampilan dan pengalaman mereka dalam meliput berbagai ajang multievent, baik di dalam maupun di luar negeri.

Ketiga narasumber yang dihadirkan oleh panitia penyelenggara dalam bimtek tersebut, yaitu Ignatius Danu Kusworo dari Harian Kompas yang secara khusus membawakan materi jurnalistik foto, Alan Indra dari Metro TV membawakan materi jurnalistik video dan Irsyan Hasyim Inding, wartawan Tempo yang membawakan materi berita naskah.

Dalam kesempatan yang sama, Cesar juga meminta kepada segenap lapisan masyarakat Mimika untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Papua, dan sebagai tuan rumah dapat memberikan pelayanan yang ramah dan menyenangkan bagi ribuan atlet serta ofisial yang akan berdatangan ke Timika mulai akhir September.

"PON ini menjadi kesempatan yang sangat langka, dimana tidak semua daerah dipercayakan menjadi tuan rumah. Mari kita menjadi tuan rumah yang ramah dan baik kepada para tamu yang akan datang ke Timika sehingga PON XX Papua dapat memberikan kesan yang baik bagi semua tamu yang akan datang ke Tanah Papua," ungkap Cesar.

Kabupaten Mimika akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertandingan untuk sembilan cabang olahraga dengan 12 nomor pertandingan, yaitu atletik, basket, futsal dan bola tangan, panjat tebing, biliyar, judo, tarung derajat dan aerosport (terbang layang, terjun payung dan aero modeling). 

Baca juga: Brimob Polda Sulsel kirim personel bantu pengamanan PON Papua 
Baca juga: Mendes PDTT minta BUMDes-BUMDesma ambil bagian sukseskan PON Papua 
Baca juga: Untuk tamu PON XX, Pemkot Jayapura siapkan pamflet wisata 

 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021