Panglima TNI minta masyarakat gunakan masker jadi kebiasaan

Panglima TNI minta masyarakat gunakan masker jadi kebiasaan

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kedua kiri) didampingi Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo (kedua kanan), Kepala BNPB Letnan Jenderal Ganip Warsito (kiri) dan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (kanan) memberikan keterangan pers usai memantau pelaksanaan percepatan vaksinasi di Kota Mataram, Jumat (10/9/2021). ANTARA/Nur Imansyah.

Ini penting untuk dilakukan, jika ada keluhan atau ada tanda-tanda gejala segera lakukan isoman
Mataram (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta seluruh masyarakat untuk menjadikan penggunaan masker sebagai sebuah kebiasaan baru dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

"Dimana pun harus menggunakan masker," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPB Letnan Jenderal Ganip Warsito dan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah usai memantau pelaksanaan percepatan vaksinasi di Kota Mataram, Jumat.

Baca juga: Rimba Raya peduli Covid-19 salurkan paket bantuan di 14 desa sekitar Sungai Seruyan

Ia menjelaskan, penggunaan masker merupakan bagian dari penerapan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Selain upaya 3T, yakni testing, penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment).

"Ini penting untuk dilakukan, jika ada keluhan atau ada tanda-tanda gejala segera lakukan isoman," ujarnya.

Baca juga: Karang Taruna Kelurahan Pademangan gelar vaksinasi sasar 2.000 peserta

Sementara itu, terkait percepatan vaksinasi di NTB, Panglima TNI menilai sudah berjalan baik, bahkan dirinya mengapresiasi terjadinya penurunan level dari empat, ketiga dan kedua di sejumlah daerah di NTB.

Namun, meski terjadi penurunan level. Dirinya mengingatkan semua pihak, baik itu pemerintah daerah dan masyarakat untuk tidak lengah.

"Jangan lengah meski kasus turun," tegas Panglima TNI.

Baca juga: Kemendikbudristek sebut prosedur aman untuk PTM secara terbatas

Menurutnya, TNI, Polri, Kementerian Kesehatan dan pemerintah provinsi bersama kabupaten dan kota akan terus berupaya menurunkan COVID-19 di wilayah itu.

"Penurunan kasus itu dapat terjadi karena semua elemen dapat mengendalikan pandemi COVID-19, termasuk di antaranya pelaksanaan disiplin protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi," katanya.

 

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Panglima TNI tinjau percepatan vaksinasi COVID-19 di Papua

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar