Jakarta (ANTARA) - Canon meluncurkan dua seri lensa telefoto super RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM untuk kamera mirrorless full-frame seri EOS R.

"Sejak diperkenalkannya kamera EOS R mirrorless full-frame pertama Canon pada tahun 2018, Canon telah mengembangkan dan meluncurkan berbagai lensa dengan mounting RF bagi para pengguna kamera sistem EOS R. Dengan kehadiran dua lensa super telephoto ini semakin menegaskan komitmen kami untuk terus mengembangkan ekosistem lensa RF demi memenuhi kebutuhan para penggemar fotografi di berbagai aliran," kata Kepala Pemasaran Divisi Unit Bisnis Canon PT. Datascript, Syailendra Kamdani.

Kedua lensa yang masuk lini lensa premium seri L ini mewarisi desain optik dan mekanis Canon EF400mm f/2.8L IS III USM dan EF600mm f/4L IS III USM. Lensa terbaru ini menjanjikan bobot yang lebih ringan dan peningkatan kualitas optik dibandingkan generasi sebelumnya.

Baca juga: Canon luncurkan dua printer seri Pixma baru

Baca juga: Canon sediakan layanan untuk fotografer di Asian Games 2018

RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM menggabungkan dua elemen fluorite lens dan satu elemen Super UD lens untuk mengoreksi aberasi kromatik dan menghasilkan tampilan kontras.

Karakteristik RF mount yang memiliki diameter dudukan besar membuat jarak fokus minimum bisa lebih dekat, yaitu 2,5 meter untuk RF400mm f/2.8L IS USM dan 4,2m untuk lensa RF600mm f/4L IS USM.

Kedua lensa ini didukung teknologi Air Sphere Coating sehingga bisa mengendalikan kemunculan efek ghosting dan flaring ketika sumber cahaya yang kuat berada di dalam bingkai.

Image Stabilizer pada lensa ini mencapai 5,5 stop, yang juga akan berguna ketika memotret pada kondisi minim cahaya. Lensa dilengkapi dengan tiga mode IS yaitu untuk subjek yang tidak bergerak, panning dan subjek dengan gerakan tidak teratur.

Kedua lensa ini memiliki pelindung weather sealing untuk mencegah debu dan tetesan air dan lapisan pelindung berwarna putih untuk antipanas, tahan gores dan menjaga kualitas foto di berbagai kondisi dan cuaca.

Lensa RF400mm f/2.8L IS USM dijual seharga Rp224.000.000, sementara RF600mm f/4L IS USM seharga Rp244.000.000.

Baca juga: Nikon akan akhiri produksi bodi kamera di Jepang

Baca juga: Canon ME20F-SH, kamera ISO 4 juta seharga Rp423 juta

Baca juga: Canon resmi luncurkan seri andalan ari 1D X Mark III

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021