Kepala BNPB lepas Gerakan Mobil Masker untuk Malang Raya

Kepala BNPB lepas Gerakan Mobil Masker untuk Malang Raya

Armada mobil masker yang dikerahkan untuk Gerakan Mobil Masker Untuk Masyarakat di Pendopo Bupati Malang, Jawa Timur, Sabtu (11/9/2021), dengan total 500 ribu masker akan di bagikan di 'Bhumi Arema' atau wilayah Malang Raya. (ANTARA/HO-BNPB)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjend TNI Ganip Warsito melepas Gerakan Mobil Masker untuk wilayah Malang Raya, Jawa Timur dalam upaya penguatan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

"Pemerintah melalui BNPB dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 gencar melakukan upaya penguatan protokol kesehatan melalui pembagian masker. Pembagian masker kepada masyarakat melalui Gerakan Mobil Masker untuk masyarakat di 'Bhumi Arema'," kata Ganip.

Pelepasan mobil masker tersebut dilakukan oleh Kepala BNPB yang didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Tenaga Ahli di lingkungan BNPB serta jajaran Forkopimda Malang Raya.

Baca juga: Gerakan Mobil Masker menembus jalur Pantura

Ganip menjelaskan gerakan tersebut bertujuan agar program pemerintah yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan, khususnya memakai masker dilaksanakan oleh semua lapisan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, secara simbolis dilakukan pelepasan 36 armada mobil masker beserta para Duta Perubahan Perilaku. Setiap armada ditugaskan untuk membagikan masker bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Masker dibagikan kepada masyarakat, seperti di pasar tradisional, pedagang kaki lima, terminal dan stasiun," ujarnya.

Rencananya seluruh armada ditugaskan melakukan pembagian masker di tiga titik lokasi wilayah Malang Raya, yakni Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu.

Untuk wilayah Kabupaten Malang akan diterjunkan 20 armada dengan 80 duta perubahan perilaku, Kota Malang 10 armada dengan 30 duta perubahan perilaku, dan Kota Batu dengan enam armada beserta 24 duta perubahan perilaku.

"Masker yang akan dibagikan di tiga wilayah tersebut sebanyak 500 ribu masker," ujarnya.

Baca juga: Gerakan Mobil Masker diluncurkan Kepala BNPB di Provinsi Bali

Baca juga: Kasatgas COVID-19 luncurkan Gerakan Mobil Masker untuk Jakarta


Program mobil masker di Malang ini merupakan gerakan lanjutan BNPB dalam penguatan protokol kesehatan yang sebelumnya telah dilakukan di DKI Jakarta, Bali, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Melalui kegiatan Mobil Masker BNPB tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih patuh dan tertib protokol kesehatan, meliputi kesadaran untuk selalu meningkatkan disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Tercatat, di wilayah Malang Raya secara keseluruhan ada 32.102 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 29.352 orang dilaporkan telah sembuh, 2.261 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Indonesia Raya berkumandang, pengendara berhenti dan beri hormat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar