Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar menyampaikan harapan Presiden RI Joko Widodo agar penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua dapat memberikan dampak ganda dengan melibatkan masyarakat Papua.

Hal tersebut disampaikan Billy dalam acara peresmian Kantor Sekretariat Sub PB PON Kota Jayapura, oleh Gubernur Papua Lukas Ebembe, dalam rangka penyiapan pengelolaan acara PON XX Tahun 2021 di Papua, Sabtu.

"PON XX di Papua, sesuai harapan Presiden Joko Widodo, bukan hanya harus sukses secara event, administrasi dan penyelenggaraan, tetapi juga memberikan dampak berganda," ujar Billy dalam acara tersebut, sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta.

Billy mengatakan selama tiga bulan belakangan dirinya berkeliling Papua untuk memastikan harapan Presiden Joko Widodo, atas dampak ganda penyelenggaraan PON XX di Papua, terealisasi.

Baca juga: LaNyalla dukung Jatim juara umum PON XX

Baca juga: BASARNAS siapkan heli SAR HR3605 dukung PON XX


"Oleh sebab itu selama 3 bulan ke belakang ini, saya berkeliling Papua untuk memastikan keterlibatan UMKM, dan juga keterlibatan masyarakat Papua dalam helatan PON XX Papua, itu perintah Pak Jokowi," kata Billy.

Dia berharap PB PON di level provinsi dan kabupaten dapat mewujudkan harapan Presiden, agar orang asli Papua dapat dilibatkan lebih dalam perhelatan PON XX Papua.

Adapun pada kesempatan tersebut, Gubernur Papua Lukas Enembe mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang mendalam kepada Presiden Joko Widodo yang terus konsisten menegaskan bahwa PON XX harus tetap dilaksanakan di Papua.

Menurutnya, hal ini salah satu bukti kepercayaan dan harapan besar Presiden Joko Widodo kepada pemerintah dan masyarakat Papua. Presiden Jokowi, menurutnya, juga memiliki visi besar, agar pembangunan di Papua tumbuh seusai perhelatan PON XX Papua.

"Dalam beberapa rapat, banyak yang meminta kepada Pak Jokowi agar PON di Papua tidak dilaksanakan dan dipindahkan, atau ditunda, tapi Presiden Jokowi mengatakan tidak, ini waktunya untuk menunjukkan kebanggaan Papua, dengan pelaksanaan PON disini," ujar Lukas Enembe.

Gubernur Lukas Enembe menekankan penyelenggaraa PON XX Papua akan meningkatkan kebanggaan seluruh masyarakat Papua.

Baca juga: Jabar targetkan tiga emas dari layar PON Papua

Baca juga: Tito ajak semua pihak dukung percepatan vaksinasi di Papua


Dia meminta seluruh masyarakat Papua dan para pemangku kepentingan untuk mendukung dan memastikan kelancaran pelaksanaan PON XX di Papua.

PON XX Papua akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021, dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga di empat klaster penyelenggaraan, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Sebanyak kurang lebih 7.066 atlet dari 34 provinsi di seluruh Indonesia, dijadwalkan akan mengikuti perhelatan tersebut.

Untuk mendukung terselenggaranya PON XX Papua, pemerintah telah membangun 8 venue olahraga bertaraf Internasional dengan biaya Rp950 miliar yang berasal dari APBN.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021