Olahraga Rekreasi

Kalsel gairahkan olahraga pelajar dengan lomba gerak jalan

Kalsel gairahkan olahraga pelajar dengan lomba  gerak jalan

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor saat membuka gerak jalan pelajar di Banjarbaru, Sabtu (10/9/2021). Antaranews Kalsel/HO-dispora Kalsel

Banjarbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan lomba gerak jalan sejauh 8,17 dan 45 kilometer sebagai upaya memupuk semangat olahraga di kalangan pelajar.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor saat membuka pelaksanaan kegiatan gerak jalan di Banjarbaru, Sabtu, mengatakan, melalui olahraga tersebut, diharapkan para pelajar bisa selalu sehat dan memupuk semangat juang untuk terus mengejar cita-cita.

Meski sempat tertunda karena gerimis sejak dini hari, puluhan tim dari tingkat SD, SMP, dan SMA tetap berdatangan untuk memeriahkan kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-71 Provinsi Kalimantan Selatan.

Para peserta menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yakni mengenakan masker dan "face shield" serta menjaga jarak dalam barisan.

"Saya bangga dengan adik-adik yang hadir pagi ini. Olahraga harus kita laksanakan dengan semangat, seperti semangat Pangeran Antasari, Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing!" ujarnya, disambut tepuk tangan meriah.

Kalimat sederhana yang mengandung makna pantang menyerah dan berjuang sampai titik darah penghabisan itu, dalam makna kekinian adalah semangat untuk terus bekerja keras dalam mewujudkan cita cita.

Gubernur mengingatkan, seluruh peserta untuk tetap menjaga protokol kesehatan, sehingga terhindar dari penularan COVID-19.

"Pada tim juri, nilai lah seadil-adilnya. Kita ingin pemenangnya adalah juara sejati," katanya, yang langsung dilanjutkan dengan melepas keberangkatan peserta sembari mengayunkan bendera.
Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor saat membuka gerak jalan pelajar. (Antaranews Kalsel/Istimewa)
Kepala Dispora Kalsel Hermansyah mengatakan, lomba gerak jalan ini memperebutkan hadiah uang tunai sebesar Rp75 juta.

"Luar biasa antusiasme para peserta. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini bisa menggugah semangat juang para pemuda di Kalsel," harapnya.

Ia juga mengatakan, di tengah pandemi, diharapkan seluruh pihak tetap semangat dan berolahraga, ini bisa meningkatkan imunitas dan kebugaran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Hermansyah merincikan, lomba ini diikuti 20 tim dari tingkat SD, 21 tim dari tingkat SMP, dan 24 tim dari tingkat SMA.

Ditambah pula 9 dewasa putri dan 7 dewasa putra yang terjadwal mengikuti lomba gerak jalan esok hari, Minggu 12 September 2021.

Baca juga: Gubernur Kalsel nyatakan kometmennya membangun prestasi olahraga
Baca juga: Kalsel berkomitmen kirim semua cabang olahraga ke PON Papua

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kalsel kembalikan fungsi sungai lewat Martapura Bungas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar