Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur dipaksa Crystal Palace menderita kekalahan pertama di Liga Inggris musim ini dalam laga pekan keempat yang berakhir dengan skor 3-0 bagi tuan rumah di Stadion Selhurst Park, London, Sabtu.

Penyerang anyar Palace yang baru tiba dari Celtic tepat di tenggat bursa transfer musim panas pada akhir bulan lalu, Odsonne Edouard, menandai debut gemilangnya dengan torehan dwigol ke gawang Tottenham.

Baru beberapa detik merumput masuk menggantikan Christian Benteke, Edouard langsung menyapa publik Selhurst Park dengan menyelesaikan umpan tarik Wilfried Zaha demi menggandakan keunggulan Palace pada menit ke-84.

Lantas Edouard mencetak gol lagi pada menit kedua injury time, kali ini memanfaatkan operan dari Conor Gallagher, lewat tembakan yang lajunya tak terhentikan oleh kiper Hugo Lloris demi melengkapi kemenangan Palace jadi 3-0.

Baca juga: Patrick Vieira ungkap nyaris gabung Tottenham Hotspur

Gol pembuka keunggulan Palace lahir dari eksekusi tendangan penalti Zaha pada menit ke-76, setelah wasit Jonathan Moss mendakwa bola umpan silang Gallagher mengenai lengan Ben Davies yang terlihat dalam posisi tidak wajar.

Tottenham sejak menit ke-58 harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain lantaran Japhet Tanganga menerima kartu kuning kedua hanya lima menit berjarak dari kartu kuning pertamanya.

Hasil itu menyudahi bulan madu sempurna Tottenham bersama Nuno Espirito Santo, yang baru saja dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik Liga Inggris bulan Agustus.

Absennya Son Heung-min, yang cedera dalam tugas negara membela tim nasional Korea Selatan, jelas mempengaruhi penampilan Tottenham yang sepanjang laga hanya memiliki kurang dari 38 persen penguasaan bola dan cuma melepaskan dua percobaan tembakan saja.

Baca juga: Jadi pelatih terbaik Agustus, Nuno Santo beri kredit ke Tottenham

Tottenham sementara masih menduduki puncak klasemen dengan sembilan poin, tetapi mereka bisa melorot hingga urutan kesembilan ketika seluruh pertandingan pekan keempat rampung dimainkan.

Sedangkan Palace (5), yang memetik kemenangan perdana musim ini di bawah arahan pelatih anyar Patrick Vieira, sementara naik ke urutan 11 klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Di pertandingan selanjutnya, Palace akan bertandang ke Anfield menghadapi Liverpool pada Sabtu pekan depan, sehari sesudahnya Tottenham menjamu Chelsea.

Namun sebelumnya pada Kamis (16/9), Tottenham akan terbang ke Prancis menghadapi Rennes untuk pertandingan pertama fase grup Liga Conference.

Baca juga: Jadwal Liga Inggris: menanti debut kedua Cristiano Ronaldo bersama MU

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021