Jakarta (ANTARA) - Erling Haaland membawa Borussia Dortmund memenangi pertarungan tujuh gol kontra Bayer Leverkusen yang berakhir dengan skor 4-3 dalam laga pekan keempat Liga Jerman di Stadion BayArena, Sabtu.

Haaland mencetak gol pertama dan terakhir Dortmund yang sempat tiga kali tertinggal dari tuan rumah sepanjang laga akibat gol-gol Florian Wirtz, Patrik Schick dan Moussa Diaby.

Selain Haaland, dua gol kemenangan Dortmund lainnya dicetak oleh Julian Brandt dan Raphael Guerreiro, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Dortmund sementara naik ke posisi kedua klasemen dengan raihan sembilan poin, termasuk menyalip Leverkusen (7) yang kini melorot ke peringkat kelima.

Baca juga: Erling Haaland merasa masih kurang banyak mencetak gol
Baca juga: Pelatih Dortmund yakin Haaland akan bertahan bila raih trofi musim ini


Wirtz membawa Leverkusen memimpin lewat sepakan penyelesaian atas operan Paulinho saat laga baru berusia sembilan menit dan Dortmund harus menunggu hingga menit ke-37 untuk menyamakan kedudukan melalui tandukan Haaland menyambut umpan silang Thomas Meunier.

Tiga menit berselang, Jude Bellingham mengoyak gawang Leverkusen tetapi gol itu dianulir oleh wasit Daniel Siebert dan petugas VAR, alih-alih tuan rumah merestorasi keunggulan melalui serangan balik yang diakhiri gol Schick pada pengujung babak pertama.

Empat menit memasuki babak kedua, Dortmund menyamakan kedudukan lagi saat umpan Haaland diselesaikan dengan baik oleh Brandt untuk memperdaya kiper Lukas Hradecky.

Namun tuan rumah kembali merestorasi kepemimpinan mereka melalui tendangan jarak jauh Diaby yang sama sekali gagal diantisipasi kiper Gregor Kobel pada menit ke-55.

Kerja keras Dortmund baru membuahkan hasil lagi pada menit ke-71 saat Guerreiro melepaskan eksekusi tendangan bebas yang melewati pagar hidup Leverkusen dan bersarang ke pojok kanan atas gawang.

Baca juga: Wolfsburg jaga puncak klasemen selepas menang di markas tim promosi

Momentum Dortmund berlanjut dua menit kemudian ketika sang kapten Marco Reus dijatuhkan oleh Odilon Kossounou di dalam kotak terlarang tuan rumah.

Setelah konsultasi panjang nyaris empat menit dengan VAR, wasit menunjuk titik putih dan kesempatan itu dimanfaatkan optimal oleh Haaland yang mengkonversinya demi membawa Dortmund berbalik unggul 4-3 atas Leverkusen.

Satu tembakan dari Lucas Alario dan dua lainnya dari Karim Bellarabi menjadi upaya Leverkusen untuk mencetak gol balasan lagi, tapi tak satu pun membuahkan hasil sehingga Dortmund tetap pulang dengan membawa tiga poin penuh.

Kedua tim selanjutnya akan main lagi pada Minggu pekan depan saat Dortmund menjamu Union Berlin di Signal Iduna Park, sedangkan Leverkusen bertandang ke Mercedes-Benz Arena menghadapi VfB Stuttgart.

Namun, sebelumnya pada Rabu Dortmund akan terlebih dulu main di kandang Besiktas di Turki untuk laga Liga Champions dan sehari kemudian Leverkusen tampil di Liga Europa menjamu wakil Hongaria, Ferencvaros.

Baca juga: Moriba sebut Barcelona telah banyak berbohong kepada media tentangnya
Baca juga: Bayern Muenchen boyong kapten RB Leipzig Marcel Sabitzer

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021