Jakarta (ANTARA) - Romelu Lukaku mencetak dua gol saat Chelsea menggulung Aston Villa dengan skor 3-0 dalam laga pekan keempat Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Kedua gol itu cukup bagi Lukaku untuk mematahkan kutukan Stamford Bridge, setelah dalam 10 pertandingan Liga Inggris sebelumnya ia selalu gagal mencetak gol di kandang Chelsea itu.

Lukaku membuka keunggulan Chelsea pada menit ke-15 setelah menerima umpan terobosan dari Mateo Kovacic dan mengecoh Axel Tuanzebe sebelum melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi kiper Jed Steer.

Baca juga: Tuchel nilai Lukaku telah isi bagian Chelsea yang hilang
Baca juga: Lukaku cetak satu gol saat Chelsea gasak Arsenal 2-0

Rekrutan anyar Chelsea, Saul Niguez melakoni debut dalam pertandingan tersebut sebelum ditarik keluar digantikan Jorginho saat turun minum.

Empat menit selepas turun minum Kovacic sukses menggandakan keunggulan Chelsea saat ia sukses memotong umpan balik Tyrone Mings yang terlalu lemah dan mencuri bola lebih cepat dibandingkan Steer untuk menyarangkannya ke gawang Villa yang lowong.

Villa nyaris mencetak gol balasan pada menit ke-73 setelah Ollie Watkins berhasil menghindari hadangan Antonio Ruediger dan menyodorkan bola untuk diselesaikan Bertrand Traore, sayang tembakan berhasil dihalau oleh Thiago Silva ke atas mistar gawang.

Pada menit ketiga injury time, Lukaku mencetak gol keduanya di Stamfod Bridge menyelesaikan umpan kiriman Cesar Azpilicueta untuk melengkapi kemenangan Chelsea jadi 3-0 atas Villa.

Chelsea menanjak naik ke posisi kedua klasemen dan hanya kalah selisih gol dari Manchester United yang berada di puncak, kendati keduanya sama-sama memiliki 10 poin.

Sementara Villa (4) harus rela tertahan di urutan ke-12 setelah disalip oleh Crystal Palace (5) yang menang dalam laga lebih awal, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Wolverhampton petik tiga poin, awal musim positif Brentford usai

Chelsea selanjutnya akan menjamu wakil Rusia Zenit St. Petersburg di Stamford Bridge untuk pertandingan Liga Champions pada Selasa pekan depan sebelum bertandang ke markas Tottenham Hotspur dalam Liga Inggris lima hari kemudian.

Sedangkan Villa pada Sabtu pekan depan akan menjamu Everton di Villa Park dalam upaya kembali ke jalur kemenangan.

Baca juga: Ronaldo hiasi debut kedua bersama MU dengan dua gol dan kemenangan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021