Getaran motor bisa rusak kamera iPhone

Getaran motor bisa rusak kamera iPhone

Kamera pada iPhone 12 Pro. ANTARA/apple.com

Jakarta (ANTARA) - Apple memperingatkan para pengguna bahwa getaran dalam frekuensi tertentu, salah satunya dari mesin sepeda motor berkekuatan tinggi, bisa merusak sistem kamera iPhone.

"Memaparkan iPhone Anda pada getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu, khususnya yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor berdaya tinggi, bisa menurunkan kinerja sistem kamera," tulis Apple di laman bantuan, dikutip Minggu.

Baca juga: Pengguna iPhone bisa simpan data pribadi di aplikasi Wallet

Sistem kamera di berbagai model iPhone menggunakan Optical Image Stabilization (OIS) dan closed-loop autofocus (AF). OIS ini berfungsi agar gambar tidak kabur meski pun penggunanya bergerak. OIS dapat ditemukan di iPhone keluaran terbaru, iPhone 6 Plus, iPhone 6s Plus dan iPhone 7.

Sementara itu, closed-loop AF berfungsi untuk menetapkan fokus pada subjek foto tidak bergerak, begitu juga untuk video dan pengambilan gambar panorama.

Teknologi ini terdapat di iPhone XS ke atas.

Getaran yang tinggi bisa merusak gyroscope dan magnet pada OIS dan closed-loop AF sehingga akan berdampak pada kualitas foto dan video.

Apple menyarankan pengguna tidak langsung menempelkan iPhone ke sepeda motor berdaya mesin tinggi supaya tidak rusak. Biasanya getaran tinggi berada di chasis dan stang.

Sementara moped atau skuter memiliki amplitudo getaran yang rendah dibandingkan sepeda motor.

Apple juga menyarankan mengurangi paparanke getaran untuk mengurangi risiko kamera rusak dan menggunakan peredam getaran jika harus menempelkan iPhone ke kendaraan.

Baca juga: Matikan jaringan 3G, operator seluler berikan ponsel ke konsumen

Baca juga: Apple rilis iPhone 13 pada 14 September

Baca juga: Cara memindahkan chat WhatsApp dari iPhone ke ponsel Android

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Replika Robot Transformer dari onderdil motor bekas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar