Toraja Highland Festival segera digelar guna bangkitkan pariwisata

Toraja Highland Festival segera digelar guna bangkitkan pariwisata

Ilustrasi. Pelaksanaan event Toraja Internasional Festival ke 9 tahun 2021 belum lama ini. ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan akan kembali menggelar event Toraja Highland Festival guna membangkitkan pariwisata dan ekonomi kemasyarakatan.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel Rahmaniar Malik di Makassar, Minggu membenarkan rencana perhelatan kepariwisataan yang perdana akan digelar di Toraja Utara tersebut.

"Highland ini adalah event baru yang akan digelar di Toraja dan diagendakan Menparekraf Sandiaga Uno akan hadir," ungkapnya.

Baca juga: Toraja International Festival, bangkitnya pariwisata di tengah pandemi

Highland merupakan inisiasi Pemerintah Daerah Toraja Utara yang akan mengumpulkan pelaku UMKM setempat serta menggelar beberapa kompetisi kesenian khas Toraja guna menggiatkan ekonomi dan pariwisata.

Sebelumnya, event Toraja Highland Festival direncanakan akan digelar pada 20-26 September 2021, namun harus diundur ke tanggal 4-10 Oktober mendatang yang akan digelar di kawasan Kete Ketsu.

"Ini untuk mencocokkan jadwal pak Menteri, karena Kemenparekraf ikut mendukung event ini sebagai bagian dari geliat kepariwisataan di masa pandemi. Kemungkinan dari sini, akan diberikan apresiasi kepada desa wisata di Sulsel," ujar Niar sapaan Rahmaniar.

Baca juga: Festival Internasional Toraja digelar virtual 19 Desember

Hal ini karena terdapat tiga desa wisata di Sulawesi Selatan yang masuk dalam kategori 50 desa wisata terbaik se Indonesia. Masing-masing desa tersebut berada di Kabupaten Toraja, Toraja Utara dan Bulukumba.

Event ini, lanjut Niar, akan terselenggara atas kerjasama berbagai pihak seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) dan Bank Sulselbar.

Baca juga: Musisi mancanegara meriahkan festival Toraja

Pada event tersebut, rencananya akan menghadirkan pula seluruh Bupati dan Kepala Dinas Pariwisata se Sulawesi Selatan di Misliana Hotel Toraja Utara.

"Tentu pelaksanaannya akan ketat protkes, ini juga dikenal karena Toraja Utara telah masuk dalam level II terhadap tingkat kasus COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Menparekraf buka Toraja International Festival

Sementara Bupati Toraja Utara, Sulsel Yohanis Bassang mengemukakan bahwa semua UKM yang ada kaitannya dengan pariwisata akan dirangkul serta diikut sertakan pada Toraja Highland Festival, termasuk semua kerajinan.

"UKM kita akan panggil terus kita bersama-sama mendorong agar betul-betul pariwisata ini menjadi primadona. Karena toraja ini kan secara keseluruhan merupakan daerah objek wisata," urainya.
Bupati Toraja Utara, Sulsel Yohanis Bassang. ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar