Kemarin, pemekaran Papua Selatan hingga wacana tiga periode

Kemarin, pemekaran Papua Selatan hingga wacana tiga periode

Para bupati, wakil bupati, politisi dan tokoh masyarakat dari empat kabupaten di Selatan Papua foto bersama usai menyampaikan aspirasi pemekaran Provinsi Papua Selatan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR RI, di Jakarta. ANTARA News Papua/HO/Emanuel Riberu

Lima berita politik pada Minggu (12/9) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik
Jakarta (ANTARA) - Lima berita politik pada Minggu (12/9) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai Mendagri sebut aspirasi Provinsi Papua Selatan jadi kekhususan hingga PKP dukung Jokowi tolak wacana tiga periode.

Klik di sini untuk membaca berita selengkapnya:

1. Mendagri sebut aspirasi Provinsi Papua Selatan jadi kekhususan

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menyebutkan bahwa ada kekhususan bagi aspirasi masyarakat tentang pemekaran Provinsi Papua Selatan yang hanya empat kabupaten.

“Kita akan revisi undang-undang Otsus Papua, di Papua harus ada percepatan pembangunan, Merauke sudah bisa dimekarkan menjadi Provinsi Papua Selatan walaupun hanya ada empat Kabupaten karena adanya kekhususan buat Papua,” kata Mendagri dalam kunjungan kerja bersama Menkopolhukam Mohammad Mahfud MD ke Perbatasan Indonesia dan Papua Nugini di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Minggu.

Selengkapnya di sini

2. PKP dukung komitmen Jokowi tolak wacana tiga periode

Sekretaris Jenderal Partai DPP Keadilan dan Persatuan (PKP), Said Salahudin, menegaskan, partai politik itu mengajak semya elit politik terutama partai politik pendukung pemerintah untuk mendukung komitmen Presiden Joko Widodo menolak wacana tiga periode alias perpanjangan masa jabatan presiden.

"Parpol-parpol pendukung harus berani bersuara, jangan lagi mengayun dalam menyampaikan sikap politik. Perlu ada ketegasan agar tidak muncul ambiguitas yang membuat rakyat menjadi bingung," kata Sahudin, saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

3. Wakil Ketua MPR: Tanamkan prinsip toleransi sejak dini

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid meminta prinsip dan perilaku toleransi harus ditanamkan terutama kepada anak-anak sejak usia dini melalui lembaga pendidikan.

Dia mengatakan Indonesia sebagai negara besar yang terdiri atas beragam suku, budaya, agama, ras, dan warna kulit pasti memiliki berbagai tantangan berat dalam perjalanan sejarah hingga saat ini, salah satunya ancaman menipisnya nilai toleransi antarsesama anak bangsa.

Selengkapnya di sini

4. Lions Clubs Indonesia bantu pemerintah sukseskan vaksinasi COVID-19

Lions Clubs Indonesia District 307 menggelar vaksinasi COVID-19 sebagai upaya membantu pemerintah untuk menyukseskan program vaksinasi di Tanah Air.

“Target setiap hari sekitar 500 orang yang di vaksinasi. Vaksinasi dilaksanakan dengan pembagian waktu mulai dari jam delapan pagi sampai jam dua siang," kata Gubernur Distrik 307 B1, Rup Naraindas Gurbanis dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

5. Mendagri sebut Papua anggaran terbesar nomor delapan di Indonesia

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyebutkan bahwa dana otonomi khusus Papua naik 2,25 persen dari dana alokasi umum nasional dan merupakan daerah dengan anggaran terbesar ke delapan secara nasional.

"Papua anggaran terbesar nomor delapan di seluruh Indonesia dengan jumlah penduduk kurang dari lima juta jiwa," kata Mendagri dalam kunjungan kerja bersama Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD di perbatasan Indonesia dan Papua Nugini, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Minggu.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar