Jakarta (ANTARA) - Melalukan eksfoliasi dapat membantu regenerasi kulit wajah lebih sehat, kenyal, dan membuat kulit tampak lebih cerah. Proses regenerasi sel biasanya terjadi secara alami, tepatnya sekitar 30-75 hari sekali bagi kulit dewasa.

Namun, memasuki usia remaja, saat menjalani produktivitas yang membuat Anda sering terpapar debu dan polusi, sehingga regenerasi alami ini perlu dibantu dengan eksfoliasi, agar pergantian sel berlangsung lebih cepat dan manfaatnya bisa dirasakan secara optimal.

"Proses eksfoliasi dengan produk face scrub yang mengandung ekstrak bahan alami bisa dilakukan sebanyak 3-4 kali seminggu," kata Asst. Country Marketing Manager Unilever International for St. Ives Indonesia, Tamara Adys Nabila, Senin.

"Jangan lupa untuk selalu memastikan kulit wajah bersih sebagai persiapan melakukan eksfoliasi, yaitu dengan menggunakan face wash yang tepat. Kemudian, gunakan produk scrub berbahan alami yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit," imbuhnya.

Baca juga: Sudah tepatkah langkah mengaplikasikan serum? Ini tipsnya

Berikut ini adalah tips mengenai beberapa langkah untuk mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit wajah.

1. Face wash berformula tepat

Penyebab utama wajah kusam dan tidak sehat adalah kotoran di kulit yang menumpuk dan akhirnya menutup pori-pori wajah.

Sebelum melakukan eksfoliasi, pastikan kulit wajah senantiasa bersih dengan rutin mencuci setiap hari. Pilih produk face wash yang mengandung formula tepat dan sesuai dengan jenis kulit, agar wajah bersih optimal.

Produk daily cleanser dari St. Ives bisa jadi pilihan untuk membersihkan wajah setiap harinya. Produk face wash ini tersedia dalam beberapa varian untuk membersihkan sekaligus mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari Blemish Care Tea Tree hingga Hydrating Watermelon.

Selain menjaga kulit selalu bersih, mencuci muka dengan face wash yang sesuai jenis kulit dapat membantu mengoptimalkan proses regenerasi kulit serta membantu kulit ternutrisi dengan baik, sesuai kebutuhan.

2. Eksfoliator dengan butiran scrub dari ekstrak alami

Cara tepat lainnya untuk mendapat manfaat dari regenerasi kulit adalah dengan melakukan eksfoliasi rutin, agar sel kulit mati yang menutupi pori-pori bisa dibasmi menggunakan butiran scrub.

Rangkaian produk scrub dari varian duo St. Ives, yaitu daily cleanser + face scrub bisa jadi pilihan, karena produk scrub-nya tersedia dalam berbagai varian yang terbuat dari 100 persen eksfolian dan ekstrak bahan alami.

Terdapat beberapa pilihan mulai dari St. Ives Blackhead Clearing Green Tea Scrub, Gentle Smoothing Oatmeal Face Scrub & Mask, Energizing Scrub Coconut and Coffee, dan Radiant Skin Pink Lemon and Mandarin Orange Scrub.

3. Kombinasikan keduanya sebagai skincare routine

Sel kulit mati yang tertumpuk bisa membuat kulit tampak kusam, kasar, hingga memicu timbulnya jerawat dan komedo. Oleh karena itu, pastikan kulit wajah selalu bersih dengan melakukan daily cleanser dan bebas dari tumpukan sel kulit mati dengan melakukan eksfoliasi.

Gunakan varian Duo St. Ives sebagai skincare routine untuk optimalkan manfaat regenerasi sel. Kombinasi antara daily cleanser dan face scrub-nya sudah melewati uji coba dan terbukti memberikan hasil optimal untuk wajah yang sehat dan bercahaya.

Rangkaian varian duo St. Ives ini bisa didapatkan dengan harga spesial di promo Watsons' Buy 2+1 dengan stok terbatas.

Baca juga: Manfaat ekstrak buah kaktus untuk kesehatan kulit

Baca juga: Sarung bantal pengaruhi kinerja "skincare" dan "haircare"

Baca juga: Tak hanya untuk perempuan, laki-laki juga perlu "skincare"

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021