Jayapura (ANTARA) - Pengurus Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) pada pekan depan berencana menggelar tes event selam untuk nomor laut sebagai persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Menurut delegasi teknis cabang olahraga selam Amir Husein di Jayapura, Senin, tes event untuk nomor laut PON ini akan dilaksanakan di arena depan Kantor Gubernur Papua. Sementara tes iven untuk nomor kolam sudah dilaksanakan pada Sabtu (11/9) di arena aquatik, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Menurut Amir, ajang uji coba ini untuk mematangkan penyelenggaraan pertandingan di mana banyak aspek harus dikenali agar event berlangsung dengan lancar.

Baca juga: POSSI Papua seleksi atlet di nomor laut PON XX

"Sebelum menggelar tes event, panpel cabang olahraga selam sudah melakukan simulasi pertandingan di kolam renang Kodam XVII Cenderawasih," ujarnya.

Dia menjelaskan meskipun tes event berjalan lancar, namun dia meminta pihak-pihak terkait untuk intens berkoordinasi sehingga pada saat pertandingan resmi tidak ada masalah yang terjadi.

“Memang ada beberapa kendala yang dihadapi ketika melakukan tes event, tapi itu hanya miskomunikasi antar-bidang terkait,” katanya lagi.

Sementara itu, Ketua POSSI Papua Gilbert Yakwart mengatakan tes event yang dilakukan ini sangat baik untuk kesiapan panitia maupun atlet Papua.

Baca juga: Tak pasang target, Lampung optimistis raih medali selam PON Papua
Baca juga: Polda Papua siap dampingi penggunaan dana PON Rp1,4 triliun
Baca juga: PB PON Papua sebut kuota penonton di bawah 10 ribu orang

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021