BNI dan Traveloka hadirkan fitur paylater "Virtual Card Number"

BNI dan Traveloka hadirkan fitur paylater "Virtual Card Number"

Ilustrasi perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan, gaya hidup, dan jasa keuangan berbasis digital, Traveloka. (HO/Traveloka)

Jakarta (ANTARA) - BNI dan Traveloka menghadirkan fitur paylater "Virtual Card Number" (VCN) yang memungkinkan pengguna Traveloka Paylater memaksimalkan penggunaan limit mereka untuk pembelian produk di luar platform Traveloka tanpa harus membuat kartu kredit tambahan.

Selain itu, VCN juga memungkinkan pengguna Traveloka PayLater untuk tidak hanya bertransaksi di Traveloka, namun juga di berbagai platform e-commerce terkemuka serta memiliki akses ke beragam manfaat lainnya, seperti program cicilan hingga 12 bulan dengan bunga yang rendah, serta mengaktifkan dan penonaktifan fitur melalui aplikasi, sehingga aspek keamanan dapat lebih terjaga.

"Virtual Card Number adalah salah satu fitur terbaru yang dapat digunakan sebagai alternatif transaksi online yang sangat mudah untuk digunakan. Fitur ini memberikan kenyamanan dan keamanan dalam melakukan transaksi online dengan nomor kartu virtual yang unik sebagai pengganti nomor asli Kartu Kredit yang akan digunakan," kata Direktur Bisnis Konsumer BNI, Corina Leyla Karnalies dalam siaran pers pada Senin.

Menurut Corina, banyak keunggulan VCN BNI yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan atau corporate partner.

Baca juga: Empat bank dan Twitter kolaborasi kampanyekan edukasi keamanan data

Baca juga: BNI perkuat tiga produk "champion" untuk tingkatkan layanan digital

Adapun keunggulannya antara lain, penggunaan VCN dapat disesuaikan baik dari sisi nominal transaksi, frekuensi transaksi dan kategori merchant yang akan dipilih untuk melakukan transaksi. Fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk menggunakan Nomor Kartu Virtual yang berbeda dalam setiap transaksi online yang dilakukan. Hal tersebut tentu saja dapat mengurangi resiko terjadinya penipuan dan penyalahgunaan ketika transaksi berlangsung.

VCN diterbitkan dan dikirimkan secara elektronik, tanpa biaya, serta secara real time, sehingga akan memberikan pengalaman tertentu bagi para penggunanya, terlebih dari sisi kecepatan layanan mulai dari pengajuan VCN sampai dengan proses penggunaannya yang dapat langsung digunakan untuk melakukan transaksi di merchant online.

"Terakhir dan yang tidak kalah penting, penggunaan VCN dapat memberikan keamanan bagi corporate partner melalui notifikasi yang didapat secara real-time yang telah terintegrasi dengan email mitra korporasi. Corporate partner juga dapat mengakses laporan transaksi secara menyeluruh terkait penggunaan VCN sehingga dapat memudahkan corporate partner untuk melakukan proses rekonsiliasi. Ke depan, VCN juga akan tersedia bagi pengguna layanan PayLater lainnya," kata Corina menambahkan.

Caesar Indra, President, Traveloka, mengatakan bahwa kehadiran fitur tersebut melengkapi portofolio produk layanan keuangan Traveloka dan mengukuhkan komitmen perusahaan untuk menghadirkan solusi end-to-end guna memenuhi kebutuhan gaya hidup konsumen.

"Sebagai lifestyle superapp, kami senantiasa mengamati perkembangan industri dan menelisik gap antara kebutuhan konsumen dengan produk yang tersedia saat ini. Hal inilah yang melandasi kami untuk meluncurkan Traveloka PayLater VCN yang merupakan terobosan inovasi yang pertama kali diperkenalkan di Asia Tenggara. Traveloka PayLater ‘Virtual Card Number’ memungkinkan pengguna Traveloka PayLater memaksimalkan penggunaan limit mereka untuk pembelian produk di luar platform Traveloka tanpa harus membuat kartu kredit tambahan," kata Caesar.

Caesar juga menambahkan bahwa selain menghadirkan beragam tawaran menarik untuk dinikmati, pengguna juga dapat mengelola penggunaan Traveloka PayLater Virtual Card Number mereka melalui aplikasi.

"Dengan adanya fitur pengelolaan melalui aplikasi, pengguna dapat dengan mudah memantau, mengendalikan, serta mengontrol penggunaan Traveloka PayLater mereka, sehingga pengguna dapat mengelola keuangan dengan cerdas dan bijak. Kami berharap fitur ini tak hanya menghadirkan pengalaman kemudahan transaksi yang aman dan nyaman bagi pengguna, namun juga dapat berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan inklusi keuangan nasional," kata dia.

Layaknya kartu kredit, fitur Traveloka PayLater Virtual Card Number juga dilengkapi dengan 16 digit angka, tanggal kedaluwarsa kartu, serta kode CVV (Card Verification Value), yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi secara online di sejumlah e-commerce ternama, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, JD.ID, dan Blibli serta mitra e-commerce lainnya yang akan terus bertambah. Saat ini, fitur Traveloka PayLater ‘Virtual Card Number’ hadir secara terbatas bagi sejumlah pengguna Traveloka PayLater terpilih dengan jumlah limit penggunaan yang menyesuaikan dengan limit Traveloka PayLater pengguna.

Pengguna Traveloka PayLater yang terpilih dan ingin memanfaatkan fitur ini dapat melakukan aktivasi melalui aplikasi Traveloka terbaru dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

● Buka laman akun Traveloka PayLater
● Klik ‘Request Virtual Card Number’
● Baca dan cermati informasi mengenai Traveloka PayLater ‘Virtual Card Number’
● Klik ‘Request’ pada halaman terakhir
● Masukan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
● Klik ‘Activate’ dan Traveloka PayLater ‘Virtual Card Number’ sudah dapat digunakan

Setelah fitur Traveloka PayLater Virtual Card Number aktif, pengguna diimbau untuk melakukan pengecekan 16 digit angka melalui opsi ‘Dapatkan Nomor’ di laman akun Traveloka PayLater, sekaligus mengetahui tanggal kedaluwarsa kartu dan kode CVV. Untuk melakukan transaksi di platform e-commerce, pengguna dapat melakukan pembayaran menggunakan Traveloka PayLater Virtual Card Number melalui kategori kartu kredit.

Saat ini, fitur Traveloka PayLater Virtual Card Number dapat dinikmati oleh pengguna Traveloka PayLater. Pengguna Traveloka yang belum memiliki akun Traveloka PayLater namun ingin merasakan kemudahan transaksi di berbagai platform e-commerce dapat melakukan registrasi akun Traveloka PayLater terlebih dulu.

Dengan waktu registrasi yang kurang dari 10 menit, pengguna hanya perlu menyiapkan KTP sebagai dokumen pendukung dan setelah registrasi disetujui dapat menikmati fasilitas pinjaman mulai dari Rp5.000.000,- hingga Rp50.000.000,-. Pengguna Traveloka PayLater juga dapat melakukan pengecekan status, riwayat transaksi, mengatur pengingat pembayaran tagihan, dan lain-lain secara langsung melalui aplikasi Traveloka.

Baca juga: BNI dan Buku Warung kolaborasi dorong transaksi via QRIS

Baca juga: BNI-IMI berkolaborasi penuhi kebutuhan transaksi digital

Baca juga: BNI andalkan klasterisasi untuk mempertajam penyaluran KUR

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mengantar UMKM Sulut ke pasar global dengan pembayaran digital

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar