Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah unggahan video sepanjang 42 detik beredar di media sosial, yang menampilkan lampu warna-warni di bagian atap Masjid Istiqlal, Jakarta.

Pengguna Twitter @FKadrun mengklaim lampu warna-warni itu merupakan "wajah" Masjid Istiqlal saat ini. 

Akun dengan 29.000 lebih pengikut di Twitter itu menyampaikan kritikan karena menilai lampu-lampu tersebut layaknya diskotek.

Berikut kumpulan narasinya:
"Wajah Masjid Istiqal sekarang. Warna warni lampu... Heran gw buat apaan di bikin kayak gitu? Masjid itu sakral. Tak perlu lampu lampu kyk gituuuu Ya Allah

Jam 12 malem gw lewat, udah kayak diskotek itu kubah ganti ganti warna
."

Lalu, benarkah Masjid Istiqlal dipasangi lampu warna-warni permanen seperti diskotek?
 
Penjelasan:
Mengutip CNN Indonesia, Senior Vice President Corporate Secretary Waskita Karya Ratna Ningrum mengatakan lampu warna-warni itu berlangsung saat proses pengecekan sistem pencahayaan lampu. Lampu warna-warni tersebut bukan bersifat permanen.

"Itu ada saat proses pengecekan sistem pencahayaan lampu, bersifat sementara selama proses pengecekan saja," kata Ratna.

Perencana Tata Cahaya Revitalisasi Mesjid Istiqlal 2018-2021 Danang Ismoyo mengatakan lampu yang berwarna-warni tersebut hanya untuk perawatan berkala saja. Perawatan lampu sendiri biasanya dilakukan setiap enam bulan atau setahun sekali, mengacu KompasTV

Menurut Danang, penggunaan warna lampu dengan sistem smart lighting bertujuan mencapai warna maksimal dan persis dengan cahaya matahari.

Dengan demikian, penerangan di luar ruangan saat siang hari bisa sama dengan di dalam masjid. Masjid akan tetap terang dan nyaman, tapi tidak panas seperti terik di luar ruangan.

Klaim: Masjid Istiqlal dipasangi lampu warna-warni seperti diskotek
Rating: Salah/Misinformasi

Baca juga: Imam Istiqlal nilai perlu pendekatan bahasa agama dalam hadapi pandemi

Baca juga: Wapres: Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral bangun kerukunan umat

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2021