Kegiatan PEKERTI-AA di UNP banyak diminati dosen muda

Kegiatan PEKERTI-AA di UNP banyak diminati dosen muda

Rektor UNP, Prof Ganefri, Ph.D. ANTARA/Humas UNP Padang.

tahun ini sudah ada 600 orang peserta telah menyelesaikan program tersebut dan selanjutnya kegiatan untuk angkatan 11 juga akan segera dimulai...
Padang (ANTARA) - Kegiatan Pelatihan Teknik Instruksional (PEKERTI) atau dikenal juga dengan Applied Approach (AA) yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang (UNP) secara daring tahun 2021,  banyak diminati umumnya dosen muda yang berasal beberapa PTN/LL2DIKTI di Indonesia.

Selama delapan bulan pembukaan program ini terhitung sejak Januari 2021, UNP sudah menyelesaikan kegiatan sepuluh angkatan dan masing-masing angkatan diikuti 60 orang peserta.

"Sehingga pada tahun ini sudah ada 600 orang peserta yang telah menyelesaikan program tersebut. Selanjutnya kegiatan untuk angkatan 11 juga akan segera dimulai," kata Rektor UNP, Prof Ganefri, Ph.D di Padang, Senin.

Disamping mengapresiasi kegiatan tersebut, rektor mengaku cukup bangga atas kepercayaan masyarakat pada UNP, bahwa sebenarnya urgensi pelaksanaan PEKERTI AA adalah sejalan dengan amanat UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Disebutkan bahwa, beban kerja dosen mencakup kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan proses, penilaian hasil pembelajaran, pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian.

Di samping itu melaksanakan tugas tambahan dan pengabdian kepada masyarakat, maka Program PEKERTI-AA merupakan program pelatihan yang dirancang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk peningkatan kompetensi pedagogik bagi para dosen.

"Sehingga menjadi persyaratan bagi dosen untuk melaksanakan kegiatan pembelajarannya di kelas," ucap Rektor yang juga Ketua Forum Rektor LPTK Indonesia.

Sementara Kepala Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) UNP, Prof Dr Jamaris, M.Pd mengatakan pihaknya cukup puas dengan banyak animo peserta dari kalangan dosen muda, memilih UNP sebagai penyelenggara kegiatan PEKERTI-AA.

“Alhamdulillah UNP banyak diminati oleh para peserta yang umumnya dosen muda untuk mempercayai UNP sebagai tempat mereka menimba ilmu pedagogik untuk pembelajaran di Perguruan Tinggi," ujar dia.

Pihaknya terus mengevaluasi dan memperbaiki mutu pelaksanaan PEKERTI-AA kita, agar lebih optimal dan efesien, kata Guru Besar Pendidikan Luar Sekolah yang juga mantan Kepala LPMP Sumbar ini pada Humas UNP.

Mengenai informasi pendaftaran PEKERTI-AA UNP, calon peserta, dapat mengkasesnya di Web: unp.ac.id atau langsung ke web: pusdiklat.lp3m.ac.id, karena kegiatan ini dikelola oleh Pusat Diklat LP3M.
Baca juga: Tim dosen UNP raih prestasi bergengsi di Malaysia
Baca juga: UNP jadi tuan rumah Konferensi TEFLIN ke-67 dan ICOELT ke-9
Baca juga: UNP gelar konferensi internasional dengan narasumber beberapa negara

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wagub Sumbar imbau masyarakat tidak ragukan vaksin COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar