Medan (ANTARA News) - Tim futsal SMA Negeri I Medan mengharumkan nama Sumatera Utara, setelah merebut juara III pada Kejuaraan Futsal Nasional tingkat SLTA yang digelar di Jakarta Selatan yang berakhir 19 Desember 2010.

"Anak-anak dari Tim SMAN I Medan yang ditangani pelatih Syawal Ritonga telah berjuang maksimal, namun gagal di semifinal menghadapi Tim SMA 12 Makssar yang akhirnya tampil sebagai juara pertama," ungkap Manajer Tim Futsal SMAN I Medan Jumono di Medan, Kamis.

Pada babak penyisihan yang diikuti 12 tim dari berbagai provinsi di Indonesia di ajang Champuion Kit Futsalismo khusus pelajar SLTA tersebut, Tim SMAN I Medan yang diperkuat Artif Darmono dan kawan-kawan meraih dua kali kemenangan dan gagal di semifinal.

Kemenangan pertama Tim SMAN I Medan yang sempat disaksikan Kepala Sekolah Dra. Hj Rebekka Girsang itu diperoleh melalui perjuangan berat menghadapi tim favorit SMA Yogyakarta dengan skor tipis 4-3, kemudian menang adu penalti atas SMA Bogor 12-11.

Di pertandingan menentukan di semifinal tim SMAN I yang merupakan juara tingkat Sumatera Utara, harus mengakui permainan anak-anak SMA 12 Makassar dan menyerah 2-6 sehingga gagal maju ke final.

Keberangkatan tim futsal SMA Negeri I Medan, menurut informasi banyak mendapat hambatan terutama menyangkut masalah biaya, karena mereka hanya mendapat bantuan dana dari KONI Sumut Rp 5 juta, Bank Sumut Rp 1,7 juta, Lintas Angkasa Rp 2 juta dan dari salah satu orang tua siswa Rp 500 ribu.

Tidak ada bantuan dari wali kota maupun Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Hasan Basri yang sebelumnya sudah berjanji dihadapan para pemain saat akan bertolak ke Jakarta.

Sementara biaya untuk memberangkatkan tim tersebut mencapai sekitar Rp 60 juta, yang akhirnya kekurangan tersebut ditanggulangi oleh manajer tim Jumono, SH dan Elydarni yang juga orangtua pemain, Arif Darmono.

"Saya ikhlas untuk membantu anak-anak," tegas Jumono, SH yang juga menjabat Bidang Disiplin dan Hukum Pengprov PSSI Sumut yang pernah menjadi manajer tim Sumut ke Piala Danone Liga Remaja nasional.

Kendati meraih medali perunggu tingkat nasional ditambah piala dan hadiah uang pembinaan Rp3 juta, sekembalinya dari Jakarta, Arif Darmono dan kawan-kawan dipersiapkan mengikuti Liga Futsal Amatir (LFA) Sumatera Utara guna menambah pengalaman atau jam terbang.

(S015/F002/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010