Luar biasa bisa lolos ke Turin secepat ini, saya tidak sabar untuk bermain di sana
Jakarta (ANTARA) - Daniil Medvedev dan Stefanos Tsitsipas memastikan diri lolos kualifikasi Nitto ATP Finals 2021 yang dijadwalkan bergulir di Pala Alpitour, Turin, Italia, pada 14-21 November.

Berdasarkan laman ATP, Selasa, keduanya meraih tiket pada ajang penutup musim tersebut untuk kali ketiga secara beruntun setelah penampilan di Grand Slam US Open 2021, pekan lalu.

Medvedev sukses menjadi juara US Open 2021 setelah pada final mengalahkan Novak Djovic dengan skor 6-4, 6-4, 6-4 di Arthur Ashe Stadium, USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, Minggu waktu setempat atau Senin WIB.

Baca juga: Medvedev juara US Open, kandaskan mimpi rekor Grand Slam Djokovic

Awal tahun ini, Medvedev naik ke peringkat tertinggi dalam kariernya di posisi dua dunia. Petenis asal Rusia itu menjadi pemain pertama selain Big Four (Djokovic, Rafael Nadal, Roger Federer, dan Andy Murray) yang menempati posisi dua teratas sejak Lleyton Hewitt pada Juli 2005.

Sebelum US Open, Medvedev juga mengangkat trofi ATP Masters 1000 keempatnya di Toronto, dan juga meraih gelar di Marseille dan Mallorca.

Sepanjang musim ini, Medvedev kini mencatatkan rekor 47-10. "Saya berharap untuk mencoba dan mempertahankan gelar saya di Turin. Penggemar Italia sangat bersemangat, saya yakin ini akan menjadi acara yang hebat," ujar Medvedev yang hadir dengan status juara bertahan.

Sementara, Tsitsipas di US Open hanya sampai babak ketiga setelah kalah dari wakil Spanyol Carlos Alcaraz Garfia dengan skor 3-6, 6-4, 6-7(7), 6-0, 6-7(7). Meski begitu, pencapaian tersebut cukup membawanya lolos ke ATP Finals 2021.

Tsitsipas memimpin ATP Tour dengan 50 kemenangan sepanjang musim ini. Dia juga naik ke peringkat tiga dunia yang menjadi prestasi tertinggi dalam kariernya.

Baca juga: Tsitsipas kalah dari petenis remaja Alcaraz di US Open

Petenis Yunani itu meraih gelar Masters 1000 perdananya di Monte Karlo. Kemudian melaju ke final pada Grand Slam pertamanya pada French Open dan menjuarai ATP 250 di Lyon.

Dengan pencapaian tersebut, Tsitsipas pun berhak lolos ke ATP Finals yang pernah dia juarai pada 2019.

"Luar biasa bisa lolos ke Turin secepat ini, saya tidak sabar untuk bermain di sana. Mengembalikan kenangan luar biasa di London dua tahun lalu yang menjadi salah satu pencapain terbaik dalam karier saya," kata Tsitsipas.

Medvedev dan Tsitsipas adalah petenis kedua dan ketiga yang memastikan diri tampil di ATP Finals 2021. Sebelumnya, Novak Djokovic lebih dulu lolos setelah meraih tiga gelar Grand Slam yakni Australian Open, French Open, dan Wimbledon.

Bagi Nole, sapaan akrab Novak Djokovic, ini akan menjadi penampilan ke-14 nya di ATP Finals. Dia juga berpeluang menyamai rekor Federer yang meraih enam gelar di ajang tersebut.

Baca juga: Djokovic jadi petenis pertama yang lolos Final ATP 2021

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021