Indeks Nikkei ditutup tertinggi 31 tahun, ditopang "rebound" saham AS

Indeks Nikkei ditutup tertinggi 31 tahun, ditopang "rebound" saham AS

Ilustrasi: Indeks Rata-rata Saham Nikkei 225. ANTARA/Shutterstock/pri. (ANTARA/Shutterstock)

Perbedaan antara hari ini dan kemarin adalah kenaikan hari ini dipimpin oleh rebound saham-saham AS
Tokyo (ANTARA) - Nikkei Jepang ditutup pada level tertinggi lebih dari 31 tahun pada perdagangan Selasa, dipimpin oleh saham-saham siklikal yang mengikuti kenaikan Wall Street semalam, sementara kemajuan dalam peluncuran vaksin domestik meningkatkan harapan untuk pembukaan kembali ekonomi.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) terangkat 0,73 persen atau 222,73 poin menjadi menetap di 30.670,10 poin, penutupan tertinggi sejak Agustus 1990. Indeks Topix yang lebih luas melonjak 1,01 persen 21,16 poin menjadi berakhir di 2.118,87 poin.

"Perbedaan antara hari ini dan kemarin adalah kenaikan hari ini dipimpin oleh rebound saham-saham AS," kata Kepala Analis Pasar Ekuitas Tokai Tokyo Research Institute, Seiichi Suzuki.

“Ketika saham-saham (siklikal) yang sensitif secara ekonomi memimpin pasar AS, itu menguntungkan pasar Jepang karena Jepang tidak memiliki saham-saham pertumbuhan besar yang setara dengan GAFA (Google, Apple, Facebaook dan Amazon), sehingga pasar tidak dapat mengambil keuntungan dari kenaikan mereka.”

Baca juga: Nikkei sentuh tertinggi 31 tahun, terkerek lonjakan saham siklikal

Semalam, Indeks S&P 500 mengakhiri penurunan beruntun lima hari yang dipimpin oleh value stocks (saham yang dinilai memiliki harga terlalu rendah dibanding dengan kinerja keuangannya) yang akan diuntungkan paling banyak dari kebangkitan ekonomi.

Sektor asuransi memimpin kenaikan di antara 33 subindeks di Bursa Efek Tokyo, Jepang, melonjak 3,67 persen, diikuti oleh jasa pengiriman yang naik 2,14 persen, serta perusahaan penyulingan naik 2,05 persen setelah harga minyak terangkat ke level tertinggi enam minggu.

Sentimen juga didorong oleh harapan pembukaan kembali ekonomi karena Jepang berada di jalur untuk mencapai tingkat vaksinasi di Amerika Serikat dan Eropa. Pemerintah mengatakan pada Selasa bahwa lebih dari 50 persen penduduk Jepang telah divaksinasi lengkap.

Baca juga: Saham China dibuka merosot, setelah menguat sehari sebelumnya

Saham-saham kelas berat teknologi SoftBank Group dan Advantest mengikuti penurunan Nasdaq semalam, masing-masing melemah 0,49 persen dan 0,18 persen.

Tokio Marine Holdings melambung 6,2 persen, menjadi saham dengan kinerja terbaik di Nikkei, diikuti oleh Showa Denko yang melonjak 6,19 persen dan Z Holdings Corp meningkat 5,24 persen.

Konami Holdings merosot 2,79 persen, menjadikannya pemain terburuk di Nikkei, diikuti oleh Pacific Metals yang kehilangan 2,72 persen dan Tokyo Electric Power Company Holdings turun 2,27 persen.

Baca juga: IHSG Selasa pagi dibuka naik 12,47 poin

Baca juga: Wall Street bervariasi, Indeks S&P 500 setop kerugian beruntun 5 hari


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar