Kemensos kerahkan pilar-pilar sosial agar masyarakat mau divaksinasi

Kemensos kerahkan pilar-pilar sosial agar masyarakat mau divaksinasi

Tangkapan layar Kabag Kerja Sama Luar Negeri Biro Perencanaan Kementerian Sosial RR Endah Sulistyaningsih dalam dalam webinar Vaccinate Our World bertema "Vaksinasi COVID-19 untuk Kita Semua," di Jakarta, Selasa (14/9/2021). (Antara/Devi Nindy)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial mengerahkan pilar-pilar sosial mulai dari PSM (pekerja sosial masyarakat), TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat), hingga Karang Taruna untuk berkontribusi agar masyarakat mau divaksinasi COVID-19.

Kabag Kerja Sama Luar Negeri Biro Perencanaan Kementerian Sosial RR Endah Sulistyaningsih dalam keterangannya yang disampaikan dalam webinar Vaccinate Our World bertema "Vaksinasi COVID-19 untuk Kita Semua," di Jakarta, Selasa, mengatakan ribuan hoaks yang tercatat beredar perlu diantisipasi agar tidak menjadi misinformasi yang menghambat dan membahayakan upaya penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

Baca juga: Kemensos targetkan 564.080 jiwa penyandang disabilitas divaksinasi

"Oleh sebab itu perlu ada sosialisasi dan usaha-usaha yang masif terkait edukasi dan sosialisasi vaksin untuk memberikan wawasan kepada masyarakat agar tidak takut divaksin dan mengetahui dampak positif dari vaksinasi," ujar Endah Sulistyaningsih yang akrab disapa Susi.

Kementerian Sosial bersama AHF (AIDS Healthcare Foundation) dan YKIS (Yayasan Kemitraan Indonesia Sehat) serta Kementerian Kesehatan menyambut baik adanya webinar tersebut guna mengampanyekan vaksin sebagai upaya percepatan penanganan COVID-19.

Menurut Susi, pendekatan persuasif kepada masyarakat sebagai subjek menerima vaksinasi melalui sosialisasi dan edukasi menggunakan narasi yang dapat dipahami, berkelanjutan dan berbasis kolaborasi menjadi strategi penting untuk meyakinkan masyarakat yang tidak tahu atau belum percaya vaksin.

Hal tersebut adalah salah satu cara terbaik yang diupayakan pemerintah untuk meminimalisasi risiko kematian serta opsi rasional yang dapat ditempuh saat melawan COVID-19.

Baca juga: IPSM pastikan inklusifitas vaksin COVID-19 untuk kelompok rentan

Baca juga: Kemensos fasilitasi penyandang disabilitas mental ikuti vaksinasi


"Kami berbangga dengan peran besar para pendamping di tengah masyarakat, dan berharap kiranya eksposur terhadap informasi ini diberikan oleh narasumber dapat memperkaya pengetahuan sekaligus terkait program vaksinasi, dan diperlukan akan diteruskan pada penerima manfaat," ujar dia.

Susi dalam kesempatan itu juga menyatakan dukungannya untuk para tenaga kesehatan yang telah melakukan berbagai penanganan serta pencegahan guna meminimalisasi penyebaran COVID-10 serta penyuluhan bagi pasien positif.

Menurutnya, seluruh pihak harus disiplin dan bersama-sama merintis terbentuknya kekebalan kelompok di Indonesia.


#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungkitasemua

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jokowi tinjau vaksinasi di Tarakan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar