Kendari (ANTARA) - Cabang olahraga esports Indonesia Sulawesi Tenggara menargetkan medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang digelar di Papua 2-15 Oktober mendatang.

Ketua Umum Esports Indonesia Sultra Brigjen TNI Toto Oktaviana di Kendari, Selasa, mengatakan esports Sultra mengantongi tiket menuju PON Papua setelah mengikuti babak kualifikasi mulai dari tingkat daerah hingga nasional.

"Jadi target rekan-rekan adalah medali pada saat nanti bisa nomor satu, karena rekan-rekan sudah terbukti, DKI saja masih di bawah kita," kata dia.

Baca juga: Sebelas tim Free Fire terbang ke Jayapura untuk final esport PON Papua

Hasil kualifikasi PON, terdapat empat atlet esports Sultra berhasil menjadi juara di Grup A mengungguli DKI Jakarta, Riau dan Jogja dan sudah mengatongi tiket menuju PON Papua.

Cababng esports Sultra berhasil mendapatkan tiket ke PON Papua untuk jenis game free fire bersam provinsi lainnya di Indonesia yang akan mengirimkan kontingen pada Oktober mendatang.

Meski terbilang baru untuk jenis games free fire dalam PON ke XX nanti, ESI Sultra menargetkan dapat mengungguli daerah lainnya dan mampu meraih medali emas.

Dari hasil kualifikasi nasional, untuk cabang esports yang berhasil lolos dan mendapatkan tiket PON ke-XX Papua terdiri dari pada nomor pertandingan e-Fooball PES 2021 enam provinsi, MIBB delapan provinsi, free fire 12 provinsi dan Pubg 16 provinsi.

Baca juga: Enam provinsi melaju ke babak utama esport Mobile Legends PON Papua
Baca juga: Lima provinsi lolos babak utama cabor esport eFootball PES PON Papua
Baca juga: Esport resmi jadi cabor eksibisi pertandingan PON XX Papua

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021